Pages

kebersamaan ada batasnya :|

29 September, 2011

Akhirnya saya bisa mampir ke blog lagi setelah beberapa hari ini gak sempat nulis apa-apa karena tiap balik dari kampus pasti langsung pelor (nempel molor) di tempat tidur.rasanya saya harus nulis kali ini.
Sekedar ngeluarin uneg-uneg dan biar tetap eksis tentunya di dunia perblogeran ini #ajibb
pict from here
Okeh jadi mahasiswa baru lagi !!
Damn tapi Alhamdulillah.Loh ? kok bisa sial tapi bersyukur juga ?
Ya sialnya itu karena saya mesti ikutan ospek lagi,biar dapat almamater dan sekedar pembuktian kalau saya ini lelaki tangguh yang tak gentar dengan penindasan! #uhuk-uhuk alhasil sekarang saya bakalan punya dua almamater.hahaha :D

Lagian saya malu dong kalau gak ikutan ospek ! Soalnya saya perhatikan ada juga cowok yang agak kemayu yang ikutan uji nyali ini.Apa kata dunia kalau saya gak ikutan ? Okeh ini gak selebay kedengarannya.Sebenarnya gak ada ospek lagi disini.Hanya sekedar pengenalan kampus saja.Tapi gara-gara ada mahasiswa baru yang selalu cari perhatian sama senior (baca:nantangin) akhirnya kami sebagai mahasiswa pecinta damai dan tangguh ini kena cipratannya juga ! karena nila setitik rusak susu sebelanga istilahnya.

Hal yang paling menggairahkan para senior itu dipanggil dengan sebutan “satu set” (baca: Push up 25 kali dan scot jump 25 kali)
“WOI KAU SATU SET !” hampir terdengar seperti “WOI KAU KU SANTET !” kalau yang pendengarannya kurang ngeh.Benar-benar seperti santet di siang bolong !!
Sebenarnya Ini hal yang wajar kalau kamu bikin kesalahan dan mendapatkan sanksi ! Bener gak ? Benerlah.Tapi masalahnya karena kami mahasiswa fakultas hukum yang punya solidaritas dan persaudaraan yang tinggi , ini menjadi sebuah masalah besar.Satu mahasiswa saja yang bikin ulah dan kesalahan maka kami semua bakalan kena sanksi.Makan tuh satu set !! 

Sebenarnya sih saya fine-fine aja sama yang namanya ospek selama itu niatnya untuk memberikan motivasi,semangat,dan pembelajaran.Tapi tadi siang ini,benar-benar deh.hal yang saya tidak suka liat dari dulu akhirnya terjadi lagi.
Kami di kerjain habis-habisan sama senior angkatan paling tua ! ckckckc
Sebuah gelas air minum berisi seperempat air digilir,kami mesti minum terus kumur-kumur dan muntahin lagi tuh ke gelasnya dan dioper lagi kesamping sampai semuanya dapat giliran kumur-kumur gratis.GLEK !! Ya Allah liatnya aja hampir muntah.Gimana saya mau ngelakuin hal itu ? Tujuan dari ini apa ? Katanya supaya kami bisa satu rasa dan lebih erat tali persaudaraannya.

Kami bobo bareng,makan bareng,push up bareng,scot jump bareng,shalat bareng,nangis bareng ketawa bareng,tersiksa juga bareng-bareng.lama-lama berang-berang juga ikut bareng *loh ngomongin apa saya -_-
Apa itu belum cukup mempererat tali persaudaraan?

Karena seniornya yang super sangar maka alhasil mahasiswa barupun tak berkutik.
Alhamdulillah saya berada disudut dekat kursi,jadi gak terlalu keliatan sama senior karena semuanya disuruh jongkok.jadi saya cuma sentuh ujungnya doang dan gak kumur-kumur.Sorry kawan ! saya tak sanggup !Entah apa yang akan terjadi pas saya kumur-kumur.bisa saja saya pingsan,kejang-kejang atau mungkin tiba-tiba jadi orang gila dan lupa ingatan ! Saya benar-benar tidak bisa membayangkan itu semua ! Ah selamet..selamet...

Bisa bayangin gak tuh ? dari 400an mahasiswa baru yang kumur-kumur ? Apa semuanya dalam keadaan sehat ? apa semuanya gak mengidap penyakit tertentu?
Alhamdulillah kalau cuman flu atau penyakit ringan.Kalau berat gimana ? Kayak hepatitis atau AIDS mungkin ? gimana ? Siapa yang mau tanggung jawab kalau udah kayak gitu.Semoga temen-temen yang kumur-kumur itu tetap dijaga deh kesehatannya sama Allah.amin
Pas pesantren kemarin aja,kami disuruh makan bareng,ada beberapa teman saya yang sengaja dipisahin karena mereka hepatitis.
Untung senior yang ngawasin kami di pesantren pada baik dan pengertian,jadi ngerti banget sama kesehatan dan keselamatan umat manusia ini ! Itu juga salah satu alasan saya kenapa gak mau kumur-kumur.Karena teman saya itu gak dipisah di auditorium itu.
Wah baru sadar ternyata kampus saya yang dulu emang enak,gak ada ospek2an kayak gini segala.Malah langsung masuk kuliah umum dan dapat almamater.

Anyway tadi pas dosen Pendidikan Kewarganegaraan ngejelasin materi ,dia bawa-bawa buku.
Buku yang langka,katanya buku ini dari Mahkamah Agung yang gak dijual di gramedia.Ada satu buku yang agak besar dan katanya harganya 300 ribuan,dan ini bakalan dibagi gratis buat mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan yang dipaparkan beliau nanti dengan sempurna.
Dan Alhamdulillah saya bisa jawab satu pertanyaannya dan dapat satu buku.tapi cuma buku yang dari MA itu,bukan buku yang tebel itu.Padahal udah mupeng banget mau liat buku yang tebel itu isinya apa.

Entah kenapa jiwa narsis saya gak muncul pas masa-masa ospek dan kuliah umum ini.Mungkin karena pengaruh model rambut yang terlalu clinngg alias silau dan rata membuat saya menutup diri #alaaahh
Yah intinya saya lagi malas take foto deh.jadi jangan kecewa kalo gak ada foto-fotonya yak (emang sapa yang pengen liat foto-foto tuyul bertebaran dimana2.hahaha) biar saja semua ini saya simpan lewat tulisan sederhana ini.

Apa saya egois dan tidak solid dengan tidak ikutan kumur-kumur gratis?
Apakah salah kalau saya mau menjaga dengan baik semua pemberian-Nya ini ?

mencari kebebasan

24 September, 2011

Tiga hari yang lalu saya ikut pesantren kilat.Ini pesantren yang wajib diikuti oleh kami sebagai mahasiswa.dua hari dua malam yang cukup menyenangkan dan agak berat.

Oh iyah saya belum cerita dengan jelas kalau akhirnya saya pindah kampus dan jurusan.Dari yang sebelumnya ngambil jurusan sistem informasi komputer sekarang ngambil ilmu hukum.Benar-benar gak nyambungkan ?
Alasan saya pindah jurusan itu bisa dibilang juga karena saya tidak menemukan hal yang benar-benar saya cari di jurusan itu.Okeh saya memang suka ngebahas tentang teknologi,tapi suasana kampus yang tidak sinkron dengan keinginan saya menjadi hambatannya.Saya sih tidak nyalahin kampusnya,semua kesalahan berasal dari pemikiran saya sendiri yang masih labil dengan keadaan sekitar.

Saat saya melalui proses perbangku kuliahan selama ini entah kenapa pemikiran saya lebih condong ke yang namanya HAM dan keadilan.Bukan berarti saya mau sok-sok berjiwa patriotisme atau ibu peri.Tapi saya benar-benar merasakan itu saat saya ambil cuti di kampus sebelumnya.Sebenarnya sistem informasi itu masih bisa saya lanjut,tapi entah kenapa saya lebih memilih hukum sekarang.
Pada akhirnya saya merebut kembali kebebasan itu sendiri.kebebasan yang selama ini saya cari-cari.

Melihat dunia lewat kotak persegi empat,koran,dan beberapa kejadian yang terjadi didepan mata ini,saya menjadi lebih peka.
Yang dulunya saya benci hukum,sekarang saya mau masuk ke dalamnya.Mencernanya dan membuatnya terpatri di dalam kepala ini.Memang sih untuk mengerti tentang keadilan dan HAM tidak harus pindah jurusan.Benar-benar pemikiran egois saya sendiri,yang mau belajar ilmu hukum lebih dalam lagi.

Di pesantren saya belajar banyak hal tentang hukum dan agama lebih banyak lagi.yah mungkin ini yang benar-benar saya inginkan dari dulu.Memperdalam ilmu agama di kampus ini dan juga hukum tentunya.Semoga saya benar-benar bisa survive dengan niat ini sampai lulus nanti.

Saya mau jadi singa forum dan naga jalanan.Suatu hari nanti saya akan berdiri di forum itu,menyuarakan suara saya lebih lantang ! 
Saya benar-benar muak dengan keadaan seperti ini.Ketika hak-hak rakyat dikebiri oleh penguasa-penguasa negeri yang katanya sudah merdeka !Bagaimana mungkin kita hanya diam ? Bagaimana mungkin hati kita tak terketuk ? Sebagai mahasiswa yang berlabel agent of change !

Melihat korupsi dimana-mana,mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas,pada saat itu juga hukum seolah tak dianggap keberadaannya.Padahal hukum disimbolkan dengan seorang dewi yang memegang pedang ditangan kanan sebagai lambang kepastian dan timbangan di tangan kirinya sebagai lambang keseimbangan yang berarti tidak berat sebelah.
random pict from google
Lady of justice ini juga ditutup matanya dengan sehelai kain yang berarti hukum tak membedakan orang atas dasar agama, suku, golongan, dan status sosial maupun ekonomi. Jadi, sudah seharusnya hukum mendengarkan kedua belah pihak yang bersengketa dengan mempertimbangkan bukti-bukti yang ada. Oleh karena itu, sebuah keputusan harus berdasarkan fakta-fakta yang disampaikan.Tapi,dengan kondisi sekarang,saya rasa simbol tersebut sudah berubah.Mungkin bukan lagi memegang pedang,tapi uang yang pada akhirnya mempengaruhi timbangan.Seakan-akan hukum bersekongkol dengan ekonomi.Apakah ekonomi yang meminang hukum?

Saya mau bergelut di dalamnya,doakan saja saya kuat.doakan saja saya bisa memegang prinsip yang selama ini saya tanamkan di kepala ini.Walaupun saya tahu akan banyak hal yang bertentangan dengan pemikiran egois saya sebagai diri saya sendiri.Itu tak akan jadi masalah,Saya akan tetap survive.Tekad saya sudah bulat!
Semangat gie benar-benar mengalir dan mulai menggerogoti kepala ini.Saya bersyukur sedikit banyaknya sudah mengenal sosok beliau dari sedikit buku dan puisi-puisinya.Yah Gie memang sosok idealis yang romantis.

Saya melihat sesuatu yang baru disini,sesuatu yang saya remehkan dari dulu.
Ah aksi lagi.ah demo lagi.ah bla bla ! Terlepas dari semua anarki yang di luar kontrol mahasiswa itu sendiri sebenarnya mereka yang berlabel agent of change ini punya tujuan baik ingin meruntuhkan tirani yang kadang mengkebiri rakyat kecil !
Saya tidak tahu apakah nantinya saya akan ikut aksi atau tidak,hal itu masih menjadi sebuahh konflik dipikiran saya sendiri.

Gie,apa yang akan kau lakukan ketika melihat negeri yang carut marut seperti sekarang ini?
Apakah kau akan menulis dan mengkritik dengan tajam seperti dulu lagi ? Demonstrasi ?
Ya tentu saja itu Gie yang ku kenal,karena seorang gie tidak akan mendiamkan kesalahan yang dimana itu adalah sebuah kejahatan !
"Saya mimpi tentang sebuah dunia dimana ulama, buruh, dan pemuda bangkit dan berkata, “stop semua kemunafikan ! Stop semua pembunuhan atas nama apapun.. dan para politisi di PBB, sibuk mengatur pengangkatan gandum, susu, dan beras buat anak-anak yang lapar di 3 benua, dan lupa akan diplomasi" #gie
Mungkin Hanya Avatar yang dapat menghentikan kekacauan negeri ini ! hanya generasi muda yang punya kesempatan untuk melakukan sebuah perubahan yang besar pada negeri ini.Hanya kita yang peduli terhadap negeri ini.Hanya kita yang peka dan peduli terhadap orang lain.Hanya kita yang benar-benar mencari sebuah keadilan !Kalau kita mendiamkan tirani ? Siapa lagi yang akan membela hak-hak rakyat kecil ini ! Siapa !!

Sepertinya saya sedikit menangkap sosokmu diantara anggota senat itu gie.Orang itu begitu pandai memainkan kata-kata.menusuk tajam tapi ramah dan juga hangat.Ah Saya akan belajar banyak dari orang itu.
Semoga saja penilaianku ini tidak salah.

kelas menulis dan sesuatu

18 September, 2011

Sabtu pagi rasanya masih agak malas untuk beranjak dari tempat tidur,tapi tiba-tiba saya ingat kalau hari ini bakalan ada acara sharing keliling dan saya ikut kelas menulisnya !
Waw ! Saya sudah pegang tiketnya,berarti harus tanggung jawab sama ini tiket.Harus datang pokoknya,kasian soalnya temen lain yang gak kebagian tiketnya.Biarpun gratis sih :)
pict from here
Lembaga Administrasi Negara ! Ehh ? Dimana tuh ? Buset saya lupa tempatnya !
Akhirnya pekerjaan pagi ini nambah,Saya mesti muter-muter dulu gak jelas di jalanan,ahh telat kayaknya.
Akhirnya setelah tersesat selama 30 menit,saya tanya deh sama polisi lalu lintas sekitar situ.
"Oh adek tinggal lurus saja terus belok kanan diperempatan gak sampe 1 km"
Tancap gas deh sampai kesana,dan akhirnya nyampe juga di lokasi.
Kirain udah telat,Eh taunya saya salah satu peserta yang kepagian alias yang terlalu semangat datang!

Saya pikir kelasnya nanti bakalan diisi sama om yang gondrong dan berewokan (ngayal darimana sih -_- ),ternyata eh ternyata yang bawa materinya mbak Artasya Sudirman,seorang penyiar sekaligus penulis dan salah satu bukunya berjudul Adriana:labirin cinta di kilometer nol.
Awalnya sih saya kira materinya bakalan membosankan,tapi ternyata mbak Artasya membawakan materinya dengan sangat piawai,humoris,gampang dicerna dan pokoknya rasanya nyante banget dengar celotehannya mbak Artasya di ruangan persegi empat siang itu.Ada beberapa point yang saya suka dari pembahasannya,mungkin akan saya paparkan sedikit.

Menulis itu berbagi tentang apa yang kita rasakan.Menjadikan apa yang ada dialam pikiran,sehingga dapat dilihat mata.
Semua orang yang melek aksara bisa menulis !
Tidak percaya ?
-Sms -Formulir pendaftaran -Komentar difacebook/twitter
Intinya mereka mau gak nulis ? Nulis itu sebenarnya gampang kalau mereka punya kemauan !
Gak ada orang yang gak bisa nulis,yang ada cuma malas aja.

Ide untuk menulis bisa darimana saja,mimpi,liburan,kejadian berkesan yang pernah dialami,Nguping ( saya benar-benar suka pembahasan nguping ini ),denger curhat temen,jatuh cinta,patah hati,denger lagu,nonton film.Kita nulis itu juga buat ngeluarin "sampah" di kepala,alias membuang "sampah"nya itu pada tempat yang tepat,yaitu lewat tulisan di blog atau semacamnya.

Saya suka cerita mbak Artasya saat dia bilang"Pernah suatu waktu gue lagi di mobil sama sepupu waktu itu ngeliat ada bapak pengemis tua di pinggir jalan bawa gerobak terus ada anaknya dibelakang.Masalahnya saat itu sedang gerimis,kasian anaknya,masa tega amat ini bapak-bapak biarin anaknya kena air hujan.terus gue buka kaca mobil dan bicara ke bapak itu "pak gak kasian sama anaknya tuh,mending berteduh dulu aja pak"kemudian kalian tahu ? bapak itu bilang apa ? "Nanggung mbak,mesjidnya udah deket,bapak mau bayar zakat" Nah terharu gak lo denger tuh pengemis mau bayar zakat ?Ternyata dibalik alasan bapak ini membiarkan anaknya kena hujan ada sebuah tujuan yang sangat mulia.
Dari situ lagi kita bisa dapat sebuah cerita untuk kita bagikan.

Sebenarnya kita bisa nulis tentang apa aja kalau kita mau membuka hati untuk melihat hal-hal kecil di sekeliling kita.Intinya peka.

Kemudian mbak Artasya menyuruh kami menulis satu paragraf tentang sepatu.
Pas dengar tulisan teman-teman yang lain dibacakan didepan,buset keren-keren ! kata-kata mereka puitis banget.Asem ! inilah kelemahan saya,gak pandai berpuitis !

                                   Alasku.
Temanku,kau menemaniku melangkah menjelajahi bumi
Tak ada satu haripun kulewatkan tanpamu.
kau melihat semua kebahagian dan masalah yang ku hadapi
Jejakku lebih berani menantang bumi karenamu.
Melangkah dengan pasti dan tanpa ragu...
Alasku terimakasih telah menantang bumi bersamaku.
Kau memang sesuatu,karena kau sesuatu makanya saya bilang Alhamdulillah yah~

#hening prok prok prok #tepuk tangan terpaksa dari peserta
Ngapain coba bawa-bawa sesuatu dan Alhamdulillah ala Syahrini ?Entah saya kesambet apa waktu itu.

Oh iyah hampir lupa ada mas Endik Koeswoyo juga,beliau salah seorang penulis indonesia yang piawai dan sekarang sudah mengeluarkan sekitar 12 buku.Yang saya tahu buku terakhirnya berjudul Cinta is anu.
Beliau juga memberikan sedikit materi tentang penerbitan buku,kiat-kiat supaya tulisan kita tidak sering ditolak oleh penerbit,macem-macemlah pokoknya pembahasannya.Semua dipaparkan dengan jelas.

Pokoknya gak nyesel deh datang ke acara sharing keliling ini.katanya sharing keliling ini bakalan keliling lagi ke beberapa kota di Indonesia.Enak deh pokoknya soalnya semuanya GRATIS ! bener-bener deh yang namanya gratis itu selalu menyenangkan,kecuali gratis loncat ke jurang tentunya.Good Luck ya di kota-kota lain :)

Setelah makan siang yang juga gratis nah ini juga sesi yang paling ditunggu-tunggu.Foto dan norak-norakan narsis-narsisan gratis !! Keren gak ? semuanya gratis disini ! Hahaha :)
Hidup gratis deh pokoknya..yang take photo ini semuanya emi.hha fotografer handal kita nih :D

gratis nih coy #nunjuk makanan #bytheway kok tangan gue aneh gitu yak -_-
kak arman , kak arya ,mbak Artasya
Endik Koeswoyo yang pake topi
Nah ini foto terakhir nih,yang agak ehmm agak sesuatu banget.
Sumpah gue baru kenal sama nih cewek ! Suer ! Demi nasi yang belum jadi bubur!Kami cuma sebatas hubungan orang yang tidak saling mengenal ! Eh ralat ! Gue tau sapa dia dan Alhamdulillah dia BELUM kenal gue ! Kebetulan nih cewek bawa materi di kelas video.Mbak Prisia Nasution yang biasa maen FTV.Pantes aja nih kelas video adem ayem dari tadi,gak kayak kelas menulis yang ketawa mulu dan konyol abis ! Tapi tetep seru sih!Tapi ini foto dibawah kok ekpresi gue kayak orang lagi nahan pup sebulan yak ? #plakk
(Kok jadi pake pake gue gue nih tulisan )
sopir dan majikan kodok & Prisia nasution
Last but not least !
Saat kalian nulis bermimpilah yang tinggi tapi capailah apa yang ada di dekat kalian.#AS
Itu kata-kata yang kayaknya bakalan jadi kata-kata penyemangat saat saya lagi gak mood nulis.
Tapi agak lemes juga liat blog sebagian sahabat disini yang dulu rajin nulis sekarang agak sepi,yah mungkin karena kesibukannya bertambah.Kapan kalian nulis lagi ? Saya gak sabar baca tulisan-tulisan terbaru kalian :)

berbeda tapi sama itulah kita

16 September, 2011

(pict from here)
Kali ini saya akan ngebahas SARA ! Eh bukan Sarah & Rahma ashari ,suer bukan itu!
Ini dikarenakan suasana kota saya agak aneh,dan gak kayak biasanya tadi pagi.
Pas lewat kantor polisi aja udah banyak orang nongkrong rame-rame disana,gak tau deh pada ngapain.
Karena jiwa detektif saya yang selalu mau sok tau dan sebenarnya suka ngegosip ini tiba-tiba muncul akhirnya saya selidiki sebenarnya ada apa disana.Yang pasti bukan lagi acara arisan.

Dan ternyata mereka semua adalah warga flores,pendatang yang mencari nafkah di kota saya.
Ada sekitar 500an orang warga flores di kota ini,dan mereka semua minta diamankan di tiap kantor polisi yang ada ada disini.Pokoknya heboh deh semua kantor polisi di kota ini (saya tahu ini dari koran)
Kabarnya ada warga flores yang diserang semalam.Tapi itu masih kabar burung.burungnya juga gak jelas,berjenis kelamin jantan atau betina.

Mereka sengaja datang ke kantor polisi untuk meminta perlindungan.terkait insiden yang terjadi 2 hari lalu di depan sebuah mall.beritanya liat disini ..
Seorang pria mabuk yang menikam 6 orang dan 3 diantaranya tewas !! Innalillahi wainnailahi rojiun...
Yang meninggal adalah seorang bapak dan 2 orang anak kecil.
Salah satunya adalah saldi yang masih berumur 10 tahun.
adik saldi (photo from here)

Saya tahu saldi bukan dari koran itu.kebetulan adik saldi ini adalah salah satu anak yang diwadahi oleh KPAJ ( Komunitas Pecinta Anak Jalanan) yang ada di kota saya.Pas bulan puasa kemarin saya sempat ke komunitas itu untuk buka bersama dengan kawan-kawan bloof.cerita lengkapnya bisa diliat disini.Setiap datang ketempat mereka pasti anak-anak kecil ini memperkenalkan diri mereka.lucu dan polos itulah mereka.Beberapa hari yang lalu saya juga sempat datang lagi ke acara halal bilhalalnya.

Ini video lengkap tentang KPAJ

Dan pas dengar berita tentang penikaman itu dari teman,saya agak kaget.rasanya sedikit merinding.
Ya Allah...Anak sekecil itu,kok bisa yah ? Tega amat tuh orang ! Gak punya hatikah ? Sudah membeku ?
Miris dengar berita ini.Pasti Tuhan punya rencana lain untuk korban-korban ini.
Umur kayak gitu,belum terlalu banyak berbuat dosa.Saya pikir dia akan masuk surga.Allahualam
Selamat jalan yah dek.semoga kau mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

Tapi ada satu hal yang membuat saya resah dan agak heran adalah isu mengenai Sara di kota ini.
Kalau ada yang belum tau Sara itu apa nih saya jelasin dikit.
Sara adalah berbagai pandangan dan tindakan yang didasarkan pada sentimen identitas yang menyangkut keturunan,agama,kebangsaan/kesukuan dan golongan.Setiap tindakan yang melibatkan kekerasan,diskriminasi,dan pelecehan yang didasarkan pada identitas diri dan golongan dapat dikatan sebagai tindakan sara.Tindakan ini melecehkan kemerdekaan dan segala hak-hak dasar yang melekat pada manusia!

Hanya karena yang menikam orang flores,terus semua orang flores bersalah,semuanya penjahat?
What the hell !! Pemikiran darimana itu hei saudara sebangsaku dan setanah airku ! Mikir pake otak ! jangan mau termakan provokasi orang-orang yang tidak bertanggung jawab ! Kalian semua sudah gede ! Kalau ada mahasiswa yang  ikut campur masalah ini.Wah gak tau deh saya,otaknya disimpan dimana ! Percuma kayaknya dikuliahin sama orang tuanya.
Penyakit moral seperti ini akan terus menyebar kalau tidak kita perangi dari sekarang !

Indonesia itu terdiri dari beragam suku,agama,dan kebudayaan.Jelaslah Sara bisa terjadi dimana dan kapan saja.Tapi setidaknya mulai dari sekarang.Pribadi kita masing-masing,mulai dari diri kita sendiri,ajarkan sama diri kita menghargai perbedaan.Berpikiran jernih dan tidak mudah terhasut dengan omongan yang memecah tali persaudaraan kita !
Iyakan ? Kita semua kan belajar itu dari SD ! Bhineka Tunggal Ika,berbeda-beda tetapi satu jua yang berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan Empu Tantular!Perlu saya jelasin lebih detail lagi ? Gak perlu deh kayaknya,pasti kalian lebih ngerti :)

"Why did God create us differently if God only wants to be worshipped in one way ?That's why God created love so all the differences could be united !"
 salah satu kutipan dari film cin(T)a


Menghakimi orang lain dengan kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah.Hanya akan timbul masalah lain.Demi apapun itu ! Hei generasi muda ! Hei semua kawan-kawanku sebangsa dan setanah air ! Masih pantaskah kita meributkan hal-hal yang berbau sara di negeri ini ? Saya benar-benar cinta indonesia dengan semua perbedaan yang ada di dalamnya.Karena alasan itu juga suatu hari nanti kalau Tuhan menghendaki,saya bakalan keliling Indonesia ! Ngeliat semua ciptaan-Nya yang berbeda-beda ! Itu salah satu impian saya dari dulu.

Hidup perbedaan !! Hidup !!
Hidup mahasiswa !! Hidup !!
Hidup pak Sby !! #kemudian hening

First Love ~ Infinity Atmosphere

15 September, 2011


Aku benar-benar sudah tidak sabar menunggu kedatanganmu ke indonesia cia.Tahukah kau ? Ini hal yang benar-benar sudah ku tunggu-tunggu dari dulu.Kau tahu rasanya ? Seperti menahan sebuah kebahagian di dalam hati.Entah apa yang akan terjadi setelah kita ketemu nanti.Apa aku hanya akan diam ? membisu karena gugup dan tak tahu harus mulai dari mana? Sepertinya itu bukan gayaku deh,aku akan mengajakmu berkeliling bandung dan jalan-jalan ke tempat favoritku.

Aku masih ragu saat kau menelpon kemarin cia.Apa itu benar kau ? Otakmu masih pada tempatnya kan ? Rasa masih tidak percaya tertanam diotakku.
Kau dengan polos dan tulusnya mengatakan semua perasaanmu,dan dengan tololnya aku hanya bisa diam dan tak tahu harus mengatakan apa.Sungguh aku juga ingin mengatakan hal yang sama,tapi rasanya aku masih agak bingung dengan perasaanku sendiri cia.bayangan Alice masih  sedikit menghipnotis hati ini.
Suara lembutmu masih tertanam diingatanku,kapan kau akan mengatakannya lagi ? Saat ketemu nanti aku janji akan mengatakan perasaanku juga cia.

Bulan november,sedang musim hujan dan rasanya suasana hari itu agak melankolis.
Sore itu aku masih duduk di teras depan rumah sambil membaca buku-buku yang baru saja ku beli kemarin.Sambil mengingat percakapan kita kemarin di telpon aku hanya bisa tersenyum kecil.

Cia : Coba tebak ! hayooo ?
Keven : Tebak apaan ? gak ada cluenya ci.ngomong apaan sih
Cia : Ahh sebell ! lupakan pasti,inikan bulan november ven !
Keven : Emangnya kenapa dengan november cia? Jangan marah gitu dong,gak ngerti deh
Cia : Aku kan pernah bilang kalo bulan november bakalan ke bandung ven,masa lupa sih !
Keven : What ? Iyaah aku lupa,sorry yah manis ( ngegombal biar dia gak marah hhe padahal diakan memang manis)
Cia : Uhh mulai deh gombalnya,Aku take off besok sekitar jam 3 mungkin sampai jam 6 sore.awas yah gak jemput di bandara !
Keven : Iya iya,pasti aku jemput kok tapi traktir makan yah habis itu hehe
Cia : iya keven sayang,pasti aku traktir makan bakso deh,udah lama mau makan bakso nih.
Keven : Hah ? barusan km manggil keven apa ? salah denger kayaknya
Cia : udah yah byee , sampai ketemu di bandara :) hehe
Tuuut tuuut..#telepon diputus semenah-menah

There are a lot of people who call by your name.But there is only  one person who can make it sound damn special !
Hanya berharap semoga pendengaranku saat itu tidak salah.

Sedang menghayati buku yang ku baca tiba-tiba orang rumah manggil-manggil dengan suara lantang dan berulang-ulang kayak orang kesurupan.
Keven ! sini cepetan ! liat breaking news tuh.Ya Tuhan..
"Pesawat Blabla Airlines keberangkatan dari Australia jam 4.30 tadi  jatuh di laut sekitar denpasar,Pencarian para penumpang sudah dilakukan sejak 1 jam lalu,korban yang selamat belum bisa dipastikan sampai sekarang"


Tiba-tiba keringatku mengucur dengan sendirinya menatap kotak hitam itu,Padahal rencananya sore itu aku akan menjemput cia.menjemput wanita yang selama ini mengisi hari-hariku yang kosong,yang sedikit demi sedikit menghapus Alice di hatiku.Ciaa..ciaaa ini tidak mungkinkan iya kan,pasti aku cuma mimpi,iya pasti aku cuma mimpi,Ku hempaskan telapak tangan kanan ke pipi dan rasanya agak sakit.Sedikit demi sedikit bulir-bulir air mata itu membuncah membasahi  pipiku.

Keven sadar ! belum tentu itu pesawatnya cia kan.Sapa tau aja pesawat yang lain.

Iya bener.Aku harus ke bandara ! Bergegas ku ambil bunga yang sudah ku siapkan sedari pagi.memoles rambutku yang agak berantakan karena shock dengan berita di tivi.Aku mencoba menenangkan pikiranku.Memberi sugesti positif pada otak ku yang mulai berpikiran aneh.

Di Bandara.
Ku lihat lagi sekeliling,banyak yang orang menunjukkan raut muka yang tak kusuka.sedih dan mereka kelihatan bingung.
"Ada apa bu ? Kenapa orang-orang kelihatan sedih?"
"Pesawat yang harusnya tiba jam 6 sore dari tadi blm juga datang,katanya pesawatnya jatuh di sekitar laut di denpasar.Anak ibu yang baru saja menyelesaikan S2 nya ada di pesawat itu."

Lututku lemas,badanku seperti tidak bertenaga dan agak gemetaran.Benar-benar seperti rasa kehilangan yang dalam.Bunga yang dari tadi ku genggam ku hempaskan ke tanah.Kecewa ! Marah ! sedih ! semuanya jadi satu.Ku ambil kertas kecil yang terselip di bunga itu,yang sengaja ku tulis semalam.
Kubaca dalam-dalam sekali lagi.Ya Tuhan,bodohnya aku ! Selama ini aku belum sempat mengatakannya,aku belum bisa bilang kalau aku juga sayang sama dia.
Aku juga sayang kamu cia...
Aku cuma bisa bergumam kecil di bandara yang sedang dipenuhi hiruk pikuk orang-orang yang sedang lalu-lalang.

jam 12 dini hari,aku masih ada di bandara,menunggu kabar dari tim sars yang mencari penumpang yang masih selamat.Dan tiba-tiba seorang kakek menepuk pundakku,katanya disana sudah ada pemberitahuan korban yang selamat dan yang meninggal.Dengan nafas tersengal-sengal aku berlari ke kerumunan orang-orang itu,Ku dorong sekuat tenaga,Minggir tolong minggir ! Aku juga mau lihat...
Nama lengkap cia ada disana,di bagian kolom korban yang meninggal.
#bruukkk suara keras seperti suara koper terjatuh dilantai.

Paginya aku tersadar dan sudah ada di rumah sakit,ternyata semalam aku pingsan.Hal yang tak bisa ku percaya sekali lagi adalah seorang wanita yang tertidur disebelahku.sambil memegang tanganku.
mbak,bangun bangun.
Ku lihat wajahnya,kuperhatikan dengan seksama.
Alice !!!
Keven : Kok kamu bisa disini ?
Alice : Aku baru sampai semalam dari ausi,di bandara tiba-tiba ada kerumunan orang-orang lagi ngangkat orang pingsan,ehh tau-taunya itu kamu.
Keven : Kok bisa kebetulan kayak gitu ?!
Alice : I don't know.Mungkin Tuhan emang nakdirin kita ketemukan ?

Seharian kami hanya bercerita tentang hari-hari dimana kami gak sama-sama,Dia juga sudah tahu alasan kenapa aku bisa pingsan di bandara.Dan aku juga akhirnya tahu,kalau ternyata dia udah tunangan.Tapi mendengar dia udah tunangan,rasanya biasa-biasa saja.Aku senang akhirnya sahabatku menikah.

Ya benar,Ternyata memang selama ini aku yang salah mengartikan kedekatanku dengan Alice.Dulu memang Alice selalu ada untukku,selalu menolongku dan selalu bisa menghiburku,tapi itu dulu,waktu masih jaman kanak-kanak.Seiring waktu memang semua bisa berubah.Perasaanku terhadap Alice juga sudah berubah.Aku benar-benar menganggapnya sahabat sekarang.Tak lebih dari itu.

Tahun-tahun berlalu begitu cepat,sekarang aku sedang di acara pernikahannya Alice,Dia terlihat sangat bahagia sekali dengan pasangannya.Aku juga benar-benar ikut bahagia melihat senyumnya yang sumringah.

Cia...Aku senang bisa mengenalmu,Namamu Alicia yang mirip dengan Alice,Aku rasa itu bukanlah sebuah kebetulan semata.Kau telah mengajarkanku banyak hal.Kau tahu cia ? Hal yang paling ingin ku lakukan bersamamu adalah duduk bersama dengan mu di taman kota sambil melihat pelangi.
Pelangi di bulan november,rasanya kali ini tak sama lagi setelah kepergianmu cia.
Aku tahu,setelah hujan lebat ini pasti akan ada pelangi,Mungkin aku sendiri yang harus mencarinya kali ini.
Semoga kau tenang disana...

=THE END=
Ini adalah tulisan fiksi iseng-iseng pertama saya.haha gak nyangka bakalan tulis cerita kayak gini.beneran newbie ! haha
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba "First Love ~ Create Your Own Ending" yg diadakan oleh Emotional Flutter dan Sequin Sakura

warnet aneh dan catatan kematian (loh?)

13 September, 2011

Biasanya dikarenakan si laptop kusut selalu ngambek sama saya,akhirnya saya putuskan buat ke warnet  ngecek keadaan si blog.Warung internet belakangan ini memang sudah menjalar di kota ini.Di tiap sudut jalan pasti ada warung internet.Bahkan sudah bisa dibilang mengalahkan warung makan.

Tapi sayang penilaian saya tentang warnet  menjadi tambah negatif alias hitam putih.Saya  pernah ke salah satu warnet di depan sebuah SMK.warnetnya cukup besar dengan 3 tingkat.di lantai bawah khusus browsing dan di lantai atas khusus untuk game centrenya.Dari depan saya liat banyak kendaraan yang terparkir,dan rata-rata saya liat orang yang keluar dari warnet ini pasti berpasang-pasangan.Gak anak sma,anak smp ataupun bocah-bocah yang gak tau datangnya dari mana.Warnetnya lumayan rame.

Eh pas saya masuk ke warnetnya,rasanya ada yang janggal deh.Hmm saya perhatikan lagi dengan seksama.Hadehh ini sebenarnya warnet atau apaan? Bagaimana tidak ? Saya heran saja dengan konsep bilik/ruangan di tiap meja komputernya.Tertutup rapi dan dibuatkan pintu segi empat dibagian tengahnya,tapi untuk dibagian bawah ada sedikit celah jadi kita bisa liat kaki orang yang ada didalamnya.ada sekitar 10 baris bilik yang sangat tertutup dan didepannya ada bilik yang gak terlalu tertutup.Saya lebih memilih yang gak tertutup dikarenakan gak ribet dan gak harus ketok pintu dulu buat cek ada orang apa gak di dalamnya.Saya mengambil kesimpulan sendiri dengan konsep bilik warnet yang sangat tertutup ini,mungkin alasan pemilik 
adalah:
hampir mirip kyk gini tapi satu baris doang disebalah kanan (foto dari sini)

1.membuat pelanggan nyaman (tapi kalau mau kenyamanan gak harus tertutup deh perasaan,yang penting browsingnya cepat dan tidak panas menurut saya sudah nyaman)
2.membuat pelanggan betah (ya iyalah betah,soalnya bisa sambil molor di dalam sana,gak akan ada yang tahu kalau kita sedang molor)
3.ah tau sendirilah kalo cewek cowok masuk ke bilik itu.Allahualam deh selanjutnya

Bahkan saya sempat melihat kaki cowok dan cewek di bilik depan saya.Arghhh gak tau lagi deh saya.Setahu saya kalo dua orang yang bukan muhrim berdua-duaan di tempat sepi,apa lagi tertutup gitu biasanya ada setan yang ngegodain.Dulu saja waktu sma,warnet tempat tongkrongan saya yang gak terlalu tertutup aja toh buktinya masih ada anak-anak sma yang melakukan hal-hal tidak terpuji di tempat umum.Bahkan hal ini biasanya jadi ajang lucu-lucuan saya dengan teman-teman,biasanya kami teriakin biar mereka berhenti atau membuat mereka malu.

Pokoknya saya malah jadi bingung,sebenarnya ini warnet atau hotel bintang 1 ? Kalau dengan bentuk bilik seperti itu dibuat biar pelanggan banyak yang datang sih,sama aja dengan nyediain tempat maksiat buat tuh orang-orang yang gak takut sama Tuhan.Dan saya liat diberita juga kemarin-kemarin banyak terjadi hal-hal negatif di warnet yang tertutup kayak gitu.Saya pikir di kota saya gak ada warnet kayak di berita-berita dimedia cetak dan elektronik.Tapi ternyata sudah menjalar juga.Ironisnya lagi ini warnet dekat dengan SMK.Jadi tiap pulang sekolah pasti banyak anak-anak smk sekitar situ yang kesana.


Ganti topik!

Ada yang pernah baca komik deathnote ? Bercerita tentang seorang pelajar yang bernama Light yagami yang mendapatkan sebuah buku deathnote (*catatan kematian) di halaman sekolahnya,buku itu sengaja dijatuhkan Shinigami (dewa kematian)untuk melihat bagaimana reaksi manusia memegang buku itu.Kalau kita menuliskan nama seseorang dibuku deathnote ini maka orang itu akan mati seketika dalam waktu yang sudah ditentukan setelah namanya ditulis.Kita juga bisa menuliskan alasan kematian orang itu dibukunya.Light yagami menuliskan nama-nama penjahat di seluruh dunia.Dia coba membersihkan dunia ini dari penjahat-penjahat keji.

Kata Light “dunia yang diisi dengan sampah hanya akan melahirkan sampah-sampah yang lain,dunia harus dibersihkan dari orang-orang seperti itu”
Light yagami mencoba menjadi pengadilan untuk dunia,tapi sayang caranya yang salah.Bagaimana mungkin membersihkan dunia dengan membunuh ? Dunia hanya akan dipenuhi ketakutan,bukan kedamain.Takut berbuat salah akan membuat orang merasa berhati-hati dan selalu was-was.Dunia seperti itu yang mau diciptakan Light yagami ? 

Untung saja masih ada orang seperti L Lawliet,seorang detektif muda yang IQ nya saya sendiri tidak tahu berapa.
L said "This isn't divine judgment, it's the work of some childish killer who's playing at divine retribution, that's all."
Light yagami dan L Lawliet sama-sama menjunjung nilai keadilan.Tapi sayang Light yagami hidup dalam dunia yang  hanya memikirkan tentang keadilan untuk dirinya sendiri,sangat egois.dan akhirnya dia membunuh ayahnya sendiri untuk melancarkan aksinya.=_=

Lawliet

Padahal kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari kesalahannya dimasa lalu.Menurut saya sih tiap orang punya kesempatan untuk berubah dari buruk menjadi baik.Pemikiran yang sangat naif kalau kita hanya terus memikirkan kesalahan seseorang dimasa lalu.Semua orang pantas diberi kesempatan untuk berubah.Tapi yang mau berubah juga harus tahu diri sih.Kalau diberi kesempatan yah dijalani dengan baik.

Saya banyak belajar tentang keadilan dan sisi humanity di buku ini.Walaupun namanya komik tapi tetap saja isi ceritanya benar-benar bukan untuk anak-anak,karena tulisannya banyak dan bahasanya juga berat.Saya suka cerita fiksi seperti ini :)

donor darah ? why not !

11 September, 2011

Hari ini saya merasakannya lagi ! Setelah beberapa tahun menghindar dan tidak ingin bertemu dengan dia,akhirnya saya ketemu lagi dengannya.
Ya Tuhan,kenapa saya harus ketemu sama dia lagi ?Padahal,saya sudah berjanji sama diri ini untuk tidak berhubungan lagi dengan dia.Saya trauma dengan dia.Dia terlalu menyakitkan menurut saya.
Saya mengenalnya waktu SD kelas 3 kalau tidak salah,dan awal perkenalan kami tidak berjalan lancar.Saya menangis gara-gara dia,sampai-sampai teman lain menertawakan saya.
Agak malu dan merasa lemah dibandingkan yang lain.Dan akhirnya disitulah saya mulai membencinya,saya tidak ingin mengenalnya lagi.semoga ini pertemuan awal dan terakhir kita.Saya berharap seperti itu,harapan yang konyol menurut saya.Heii Jarum suntik kenapa harus ada di dunia ini!!

Saya bisa menghitung dengan jari pertemuan kami,Kenapa?Yah karena tiap jatuh sakit pasti saya selalu memaksakan diri dirawat di rumah saja di banding rumah sakit.Saya benar-benar tidak mau berhubungan dengan jarum suntik (alasan cemen)
Tapi hari ini,di hari libur nan ceria ini saya harus ketemu dia lagi.Rasanya agak gugup juga setelah sekian lama tidak bertemu (cieeee)

Kronologis ceritanya seperti ini.
Setelah menghadiri acara halal bilhalalnya KPAJ (Komunitas Pecinta Anak Jalanan) yang ramai dan sangat menyenangkan saya menyempatkan diri untuk mampir di mall terdekat disekitar situ.dan ternyata film captain america sudah tayang di studio 1.Rasanya mau nonton juga sih,tapi berhubung saya sendirian rasanya agak janggal,jadi saya coba ngesms kk (kk atau kk nih hha) dan ternyata dia gak bisa karena harus nganter sang nenek :) (cucu yang baik,Alhamdulillah yah) Dan akhirnya saya beranikan diri saja untuk nonton sendirian,berhubung sudah gak sabar mau liat film ini.Dan ternyata engg ingg engg tiketnya habis,sisa tiket untuk kursi bagian depan,ogah deh saya nonton paling depan.mau nonton apa coba?masa liatin lobang hidung doang ? Ahh gak jadi ! batalkan ! kembali ke rencana awal,kita ke PMI !!
Loh ? kok tiba-tiba saya mau ke PMI ?
gambar colek dari sini

PMI kan tempat ngumpulnya musuh-musuh besar saya (red:jarum suntik) kenapa saya harus kesana?
Jujur saja,sebenarnya hati saya tergugah (ceileeh bahasanya)maksudnya itu saya tergerak untuk donor darah juga,dikarenakan sudah nonton video ini.terimakasih buat teman saya yang sudah share video ini :)

"Kini kalian keluarga kami,darah kalian mengalir pada anak saya "

Ya ampun,saya sampai merinding liat video ini gara-gara antusiasme teman-teman dari dunia maya untuk membantu sesama.buat yang mau gabung di page facebooknya silahkan dicubit >> BLOOD FOR LIFE 
Sekarang saya juga tersadar bahwa pentingnya donor darah,padahal saya pikir selama ini donor darah hanya untuk orang yang mampu ( emangnya naik haji ? ) Tapi ternyata donor darah udah bisa dilakukan tiap orang setelah usia 18 tahun keatas dan standar kesehatannya baik.

Akhirnya saya sampai di PMI makassar di jl.lanto daeng pasewang no.55,sapa tau ada orang makassar yang baca dan berminat buat donor darah juga :)
Awalnya saya pikir saya harus di timbang berat badannya dulu dan segala macam,Eh mbak-mbaknya tiba-tiba langsung ngasih kertas buat diisi biodatanya,di cek golongan darahnya dan ditanya-tanya soal kesehatannya.Lumayan gak ribet sih menurut saya.Ini juga yang membuat saya nyaman :D

"donor darah yang ke berapa mas?"
"baru pertama kali hhe" cuma cengar-cengir gara-gara gugup
"Oh baru pertama,kok bisa mau donor darah mas?"
"gara-gara liat video di you tube mbak,tapi mbak itu ndak sakit kan disuntiknya?"
"Iya ndak sakit kok,cuma kayak digigit semut"( perasaan tiap tanya suster atau dokter pasti jawabannya ini melulu deh,jadi tambah parno saya)

"Okeh golongan darah B yah mas,silahkan masuk ke ruangan dan cuci tangan kanannya"

Glekk !! Saya makin parno dan tambah gugup gara-gara cium bau ruangannya,bau khas rumah sakit tau sendirikan ? Saya cuci tangan kanan dan duduk di kursi yang kakinya tuh bisa dinaik turunin (ahh kampungan)

Saya liat lagi di samping kiri saya ada bapak-bapak yang juga donor darah,sambil ngeliat darahnya yang diambil saya menelan ludah sendiri.Glekkk! mampus saya !! Darahnya warna merahhh !! (ya iyalah) Lancar amat ngalirnya tuh darah.Kayak orang lagi minum jus strowberry -_-
Dan dokternya nanya ke bapak itu sambil melihat ke arah saya
"Sudah berapa kali donor darah pak?"
"yang ke 32 kali"

Gleekk ! tambah nelan air ludah deh saya !
Saya saja yang baru pertama kali ini sudah keringatan dan agak gemetaran dari tadi,tapi saya harus lawan ! Ini demi mereka yang butuh darah ! Okeh ! ini misi kemanusiaan ! jangan takut ! Anggap saja semua ini halusinasi dan mimpi belaka !
Tangan saya mulai dikasih alkohol dan di usap-usap dengan kapas,Okeh here we go ! dan.. saya tutup mata sambil menahan tawa gara-gara mbak-mbaknya liatin ekpresi saya yang ketakutan dan agak lebay itu !
Jushhhh Akhirnya tuh jarum nancap di tangan kanan saya.
Ehh serius,beneran kayak digigit semut.Ternyata cuma otak saya saja yang melebay-lebaykan rasa sakitnya itu.Darah saya di ambil sekantung.dan diambil sampelnya lagi buat di cek lagi kesehatannya.

Nah,kan gak sakit mas.Datang lagi yah nanti.
"hehe iyah mbak lumayan"cengar-cengir gara-gara gak nyangka udah damai sama jarum suntik
Sumpah di PMI ternyata orangnya ramah-ramah dan baik-baik.Semuanya senyum ke saya pas saya masuk ke ruangan makannya,disana sudah disuguhi mie instan pake sayur bayam pake telur,segelas milo hangat dan multivitamin.
Biarpun awalnya setelah diambil darahnya agak pusing tapi selang 10 menit rasanya udah agak nyaman kok,jadi gak usah khawatir itu cuma efek sementara :D
Dan saya juga dikasih kartu anggota donor darah sama PMI asik di foto.lumayanlah buat narsis-narsisan walaupun cuma foto 2x3 hahaha
Dan rasa-rasanya saya bakalan donor darah lagi 3 bulan ke depan gara-gara pelayanan yang baik dan ramah dari PMInya.hehe


Yah saya nulis ini bukan bermaksud apa-apa,hanya ingin berbagi cerita tentang pentingnya donor darah.Kalau orang yang parno sama jarum suntik seperti saya saja bisa donor darah?kenapa kalian yang mungkin nggak terlalu takut sama jarum suntik gak ngeluangin waktu buat ke PMI ? Setetes darah kalian sangat berharga buat mereka yang membutuhkan.
Ayo kalau bukan sekarang kapan lagi,kalau bukan kita siapa lagi ?
Sapa tau kapan-kapan kita yang masuk rumah sakit dan butuh darah?terus tiba-tiba gak ada stok darah,nah loh gimana jadinya?

Yah dengan tulisan ini saya sekalian memproklamasikan kalau saya dan jarum suntik sudah berdamai sekarang.Kami akan jadi sahabat untuk selamanya (horeeee)*plakk haha

If you donate money you give food ! But if you donate blood you give life !

si penjual pastel a.k.a jalangkote

08 September, 2011

Sekarang saya mau menulis bebas lagi(eh biasanya juga bebaskan).Mungkin kali ini tulisannya agak serius,tapi gak serius-serius amat kok.Saya gak suka terlalu serius juga,hehe Tapi suer yah,kodok bukan mau sok ngajar atau sok apalah.si kodok cuma mau menulis . . . oh iyah perlu diklarifikasi bahwa saya menulis semua yang dibawah ini dalam keadaan sehat walafiat,tidak sedang kesambet sesuatu ataupun dalam keadaan terhipnotis.Percayalah!

Saya melihat lagi sosok yang bersahaja itu berjalan dengan badannya yang agak bungkuk sambil membawa keranjang.Dia seorang bapak tua.Namanya ? Saya malu menanyakan nama beliau,saya hanya memanggilnya pak dan pak saja.Saya rasa itu sudah cukup akrab kalau di lihat dari perbedaan usia kami yang mungkin berbeda 40 tahun.Beliau seorang penjual jalangkote/pastel keliling,beliau tidak terlalu banyak bicara tapi sangat ramah dan murah senyum,Gaya khas beliau tiap jalan hanya melihat ke tanah saja dan agak sedikit membungkukan badan,mungkin ini pengaruh umur.dia memakai peci warna hitam dan saya lihat sering memakai baju dengan warna yang itu-itu saja.Warna kulitnya cukup cerah dan agak putih.
jalangkote alias pastel
 Beliau sering berkeliling di sekitar rumah saya setiap sorenya menjajakan jalangkotenya.Suara khas beliau yang tidak cukup keras menjadi pertanda bahwa dia sedang lewat di depan rumah.Kadang saya memanggilnya bukan berniat untuk makan jalangkotenya,tapi hanya ingin mengenal sosok beliau yang bersahaja itu saja.
Saya sempat sedikit berbincang-bincang dengan bapak penjual jalangkote itu di waktu sore,perbincangan kami tidak banyak.

“Pak jalangkotenya enak yah,harganya juga murah”
“iya dek,lumayan tambah yah hehe”
“Bapak orang baru yah di daerah sini?sudah lama pak jualan?”
Dengan wajah ramah dan penuh senyum bapak ini duduk.
“Tidak juga dek,bapak sudah lama di sini mungkin adek saja yang jarang melihat bapak”
“Oh iyah pak,ini jalangkotenya punyanya keluarga yah pak?”
“bukan dek,ini punyanya orang,bapak Cuma bantu jualkan saja hehe”
“Oh dibayar berapa pak kalo habis terjual ? maaf yah pak kalo saya banyak nanya”
“Ndak papa dek,keuntungan bapak di hitung dari berapa yang laku.1 jalangkote bapak dapat 50 rupiah”

Tersentak dalam hati saya kaget sekali mendengar kata 50 rupiah itu.Subhanallah

“50 perak pak ? jadi kalo semua ini laku biasanya bersihnya dapat berapa pak?”
“Alhamdulillah kalau laku semua dek biasanya bapak di upah 5 ribu dari yang punya”
“Jadi bapak disini tinggal dimana ?”
“di pertigaan sana dek,biasanya di pos ronda”

Saya lupa selanjutnya bicara apa sama beliau ini,Rasanya saya tidak tega terlalu banyak tanya sama beliau.Tapi benar-benar deh hari itu saya belajar hal yang gak tau saya mau sebut apa.
Saya belajar dari orang seperti bapak ini tentang rasa mensyukuri hidup dan tidak menyerah dengan keadaan seperti apapun.Di umurnya yang seperti itu dan keadaan dimana tidak punya tempat berteduh dan beristirahat dengan tenang beliau masih bekerja keras,berkeliling untuk menjajakan jalangkotenya.

Kalau kalian melihat senyum bapak ini,mungkin kalian juga akan berpikiran sama seperti saya
“Dengan cobaan hidup seperti itu,mengapa orang ini masih bisa seperti ini?serasa seperti tidak ada beban yang menopang pundaknya”
Menjalani hidup dengan ikhlas,tulus,dan tidak menyerah dengan keadaan walau seperti apapun keadaan menjepitnya,membantingnya,memojokkannya.
Kekayaan yang sesungguhnya adalah ketika kita selalu bisa mensyukuri hal-hal kecil.
Banyak kok orang di luar sana yang punya uang banyak tapi toh hidupnya gak bahagia,dikejar-kejar utang juga,terlibat penipuan dan macam-macamlah pokoknya.

Padahal,saya sering mengeluh ketika hal-hal kecil terjadi dalam kehidupan saya.Seperti saat listrik mati,ban bocor,cuaca yang tidak mendukung ataupun saat terjadi sebuah masalah di rumah.Dan kalau dipikir-pikir lagi,masalah itu adalah hal yang wajar,bener gak ? Setiap orang di luar sana pasti memiliki masalahnya masing-masing dan hanya mereka sendiri yang bisa menyelesaikan masalah mereka itu.Tentu saja iya !

“Tidak ada satupun manusia di dunia ini diberikan cobaan di luar kemampuannya”

Semua sudah diatur,kecuali reaksi kita terhadap masalah itu.Kita sendirilah yang mengaturnya.kita mau bereaksi dengan tenang atau meledak bersama masalah itu juga terserah kita.Pilihlah reaksi yang menurut kita baik dan menguntungkan diri kita.Kalian tahukan yang saya maksud dengan"baik"?

Dan benar deh,hadapi saja semua masalah itu dengan senyuman,walaupun kamu pikir itu tidak membantu,setidaknya dengan senyum,kita akan merasa dan terlihat lebih kuat menghadapi masalah yang datang bergantian dalam hidup kita.Namanya juga hidup,pasti ada masalah sebagai bumbu kehidupan.Mau gak punya masalah ? Tuh di kuburan sana,Gak ada masalah kalau kita punya catatan hidup yang baik.

Berkacalah pada mereka yang kurang beruntung,mungkin kau akan mendapatkan sesuatu :")

Akhirnya saya bebas !

05 September, 2011

Ini cerita kodok yang mengenaskan diawal bulan yang dimulai dari kejadian pas lebaran kemarin,yang benar-benar tidak sempat saya tulis,dan alasannya akan kalian tahu setelah membaca ini sampai habis.Saya akan menuliskan rentetan kejadiannya secara berurutan supaya tidak ada yang mual membaca tulisan ini dan melaporkannya ke komnas perlindungan anak sebagai salah satu bentuk pencemaran lingkungan,(hubungannya apa cobaa!)

31 agustus 2011
Jam 7.30,Shalat ied di mesjid almarkaz,salah satu mesjid terbesar di kota ini.sesudah shalat ied,niat saya masiih ikhlas mendengarkan ceramah.dipembukaan ceramah orang didepan saya menghilang,di pertengahan ceramah orang disamping kanan saya juga ikut menghilang dan diikuti orang di samping kiri dan belakang,alhasil saya cm berdua sama adik saya disana,orang-orang mulai lalu lalang di depan kami dan akhirnya !!! iman saya goyah,saya juga ikut-ikutan menghilang.soalnya ditengah jalan kawan!*alesan

Jam 8.30,saya sungkeman sama orang-orang di rumah,tetangga,kucing dan ikan mas di akurium yang selama ini jadi bahan percobaan saya(pernah coba comblangin sama umang2 dan ternyata gagal)okeh kegagalan adalah awal sebuah keberhasilan !that’s right ! kapan-kapan kita coba lagi.Niat makan ketupat di rumah batal karena saya pikir ntar pasti disuruh makan ketupat terus sama orang-orang yang bakalan saya datangin rumahnya.asik ! dengan polos dan lugunya saya membayangkan semua itu.

Jam 9.00 saya siap-siap berangkat ke rumah korban-korban yang akan saya datangi,saya berharap ketupat dari rumah orang lain,hmm siapa dulu yah,oh iyah adek kecil tadi sms nitip pulsa buat temennya,sekalian saja kalau gitu.mumpung masih pagi dan tancap gaslah saya ke rumahnya yang deket markas tentara itu.oh saya disuguhi dengan minuman yg katanya persediaan kknya yang sedang umroh dan  kue lapis (apa yah namanya)hmm enak pengen tambah tapi malu woi.yah sudah didiamkan saja.

Jam  10.30 tancap gas lagi ke rumahnya si maniak game.katanya anak ekonomi.tapi benar-benar deh,kerjanya cuma main game game dan game.status facebook aja tentang game mulu.walah mau jadi apa nih anak.jangan-jangan nanti married sama keyboard ! lagi-lagi saya dicekoki dengan minuman bersoda dan kue ,pupus deh harapan setelah tau nih anak juga lebaran kemarin.ohh pasti gak ada ketupat nih (wahh nyesel)hahah becanda.akhirnya sampai jam 1 siang saya blm makan makanan berat(red:nasi,ketupat dkk),orang-orang yang saya kunjungin udah lebaran kemarin yang pasti ketupatnya udah basi lah.Akhirnya si maniak game ini ngajakin pergi  mall.ceilehh ternyata malnya buka,sempat-sempatnya nih anak mampir ke toko perhiasan cewek(apalah namanya)katanya mau cari kado buat cowok ceweknya,kampret malah ngajak-ngajak saya ke tempat beginian*dikira eke cowok apaan

Berhubung saya lapar,cari makan dulu di tempatnya kolonel harland sanders.and u know what? Busett bocah-bocah kok banyak amat di sini dan gak didampingi orang tuanya,wahh pada pegang duit 50 rebu coy !habis dapat THR langsung invasi mall terdekat ! perasaan waktu seumuran mereka THR saya cuma 20 rebu deh *ironis dan miris mikirinnya.ada niat terselubung mau ngerampok nih bocah-bocah tapi berhubung karena lebaran niat ini untuk sementara di kubur dulu.sempat saya bilang sama satu orang anak “ditabung yah dek jangan dihabisin semua” padahal mau bilang “jangan dihabisin semua yah dek,bagi kk juga”hehe *plakkk

Jam 2.30 berangkat lagi ke rumah teman SMA eh ternyata dia udah mudik duluan beberapa menit yang lalu,alhasil saya Cuma silaturahim sama bapaknya doang  dan saya dapat bonus ceramah tambahan ! Untung saja kura-kura dan ikan di akurium rumah beliau membuyarkan suasana,gara-gara kura-kuranya gigit-gigitin kabel yang di dalam akurium.Alhamdulillah yah~Okeh om saya pamit dulu,salam buat keluarga kalo balik.hehe buru-buru om *alesan

Jam 3.30 tancap gas lagi dan masih penuh semangat berharap masih ada ketupat yang masih sehat wal afiat.Okeh mampir ke rumah temen smp kali ini.kayaknya emang banyak salah deh dsini,soalnya emaknya sering negur tiap malem kalo kelamaan ngedit disini.Alhamdulillah disuguhi minuman dan kue lagi.ternyata mereka lebaran kemarin *bisa ditebak deh,pasti ketupatnya habis,nah akhirnya saya ajak si maniak english ini ke rumahnya si cewek tomboy buat silaturahim,dan buat combalangin mereka juga.haha *niat licik

jam 4.30 sampai di rumahnya cewek tomboy ternyata semuanya sudah siap.kecuali ketupat ! Oh My God ! lagi-lagi saya disuguhi minuman dan kue,saya minum dengan santai makan dengan santai dan tenang.dan akhirnya tanpa basa basi saya bilang sama cewek tomboy kalau saya mau merasakan ketupat bikinan orang rumahnya * AH TO THE POINT ! ini bukan hal yang memalukan kawan ! jujur dan terbuka ! mengeluarkan pendapat tidak akan masuk penjara coy !Ini negara demokrasi!Tak ada yang salah dengan pilihan hidup saya kali ini !Alhamdulillah yah,setelah perjuangan yang penuh rintangan dan liku-liku seharian berkeliling kota makassar saya bisa juga merasakan ketupat bikinan orang lain.Okeh malam ini saya bisa tidur nyenyak.

Okeh hari ini menyenangkan penuh semangat penuh dengan canda.ketemu dengan teman-teman lama dan mereka yang tidak saya kenal.haha besok ? ada apa?*firasat jelek

Tanggal  1 september
Tiba-tiba dipagi buta mulai meriang,dingin,panas,dingin,panas pokoknya gitu deh antara mau pake selimut dan gak mau pake selimut,rasanya tuh kayak mau pake selimut tapi juga gak mau dipake *saya aja bingung barusan ngomong apaan.Nah intinya saya lagi jatuh sakit ! Tapi belum ketahuan penyakitnya apaan,saya pikir hanya demam biasa,jadi  minum obat demam aja beres.(masa kodok bisa demam,bener gak)mulai agak siang benar-benar gak nafsu makan,baru makan sesuap aja udah muntah-muntah dan beberapa kali ke kamar mandi *don’t try this at home ! okeh mesti ke dokter nih kayaknya,udah lemes banget.
Dan sesuai dugaan saya ternyata saya terkena penyakit muntaber Vibrio parahaemolyticus enteritis.Saya dikasih 3 jenis obat sama dokter yang warna-warni.Untung Cuma minum obat,tidak berhubungan dengan jarum suntik.Oh Tuhan maha adil dan bijaksana emang.

Tanggal  2 september
Gak bisa tidur perut sakit banget,bangun jam 1 malam Cuma buat minum air,sudah 2 hari belum makan nasi sama sekali,dari kemarin Cuma makan apel sama anggur doang.rasanya lemess banget,mau makan nasi  juga gak bisa sama sekali.bubur juga sama aja gak bisa masuk di mulut.benar-benar malam yang gak tenang dengan penyakit seperti ini.rasanya seperti sedang sakit (lahh emang lagi sakit ) 

Tanggal 3 september
Ini dia puncaknya,Untungnya saya sudah bisa makan makanan lain selain apel,dan kalian tahu apa itu ? cheetos !! Iyaa serius saya.Cheetos ! telah menyelamatkan jiwa saya ! haaha saya memang dari dulu suka ngemil cheetos rasa jagung,untungnya saya masih ingat rasanya dan coba nyuruh orang rumah buat beliin,ehh ternyata bisa kemakan dan gak bikin enek,gara-gara itu badan saya mulai gak lemes lagi,dan malamnya pelan-pelan bisa makan nasi .

Tanggal  4 september
Obat-obatan dari dokter sudah habis semua dan mulai agak baikan,tapi masih agak sakit di perut tiap bergerak.sms beruntun pun mulai masuk ke hape,ada yang nanya kabar,ada yang nanya kenapa gak ke rumah pas lebaran, ada yang ngajakin pergi rekreasi,ada yang ngajakin reunian,ada yang nyuruh perbaikin komputernya,ada yang nagih utang,ada yang minta dicariin jodoh .ah macem-macemlah pokoknya saya Cuma bisa membalas mereka dengan sms duka “sorry bro lagi sakit nih,kapan2 yah” okeh to the point dan gak berbelit-belit kayak penyakit ini.
nyolek di google

Mungkin saya orang yang agak lebay soal ini,tapi percaya atau tidak,orang yang kehilangan banyak cairan dalam tubuh itu bisa meninggal kata dokter,dan saya pikir waktu hari kedua itu saya benar-benar sudah akan meninggal,soalnya nyiksa banget lemesnya...bener-bener dah.Kalo ada yang mau ngerasainnya bilang aja,nanti saya bantuin doa ke Tuhan biar bisa dicoba (jangan sampai dah).
Di hari ke dua itu saya mulai berpikir aneh-aneh.Saya mulai bertanya-tanya “wah kalo saya meninggal bagaimana ini?” bagaimana dengan janji saya sama orang yang belum bisa ditepati ? bagaimana dengan keluarga saya tanpa saya ? bagaimana dengan ekpresi teman-teman saya ?apa ada yang merasa kehilangan saya ? atau malah ada yang seneng dan nari-nari ala orang indian sambil ngelilingin api unggun?Apa teman-teman saya yang jauh juga akan tahu keadaan ini,Oh kenapa dunia tiba-tiba berputar?(emang berputar kalee) Tapi Alhamdulillah ternyata dengan kemauan sembuh dan semangat hidup yang masih kuat dan dengan tenaga yang masih tersisa saya bisa bangkit lagi dan kembali melawan raja api,saya tidak akan menghilang lagi.Ttd Avatar (lohh !! off side ) 

Waktunya blog walking !! Yi~Haaa....!!