Pages

mencari kebebasan

24 September, 2011

Tiga hari yang lalu saya ikut pesantren kilat.Ini pesantren yang wajib diikuti oleh kami sebagai mahasiswa.dua hari dua malam yang cukup menyenangkan dan agak berat.

Oh iyah saya belum cerita dengan jelas kalau akhirnya saya pindah kampus dan jurusan.Dari yang sebelumnya ngambil jurusan sistem informasi komputer sekarang ngambil ilmu hukum.Benar-benar gak nyambungkan ?
Alasan saya pindah jurusan itu bisa dibilang juga karena saya tidak menemukan hal yang benar-benar saya cari di jurusan itu.Okeh saya memang suka ngebahas tentang teknologi,tapi suasana kampus yang tidak sinkron dengan keinginan saya menjadi hambatannya.Saya sih tidak nyalahin kampusnya,semua kesalahan berasal dari pemikiran saya sendiri yang masih labil dengan keadaan sekitar.

Saat saya melalui proses perbangku kuliahan selama ini entah kenapa pemikiran saya lebih condong ke yang namanya HAM dan keadilan.Bukan berarti saya mau sok-sok berjiwa patriotisme atau ibu peri.Tapi saya benar-benar merasakan itu saat saya ambil cuti di kampus sebelumnya.Sebenarnya sistem informasi itu masih bisa saya lanjut,tapi entah kenapa saya lebih memilih hukum sekarang.
Pada akhirnya saya merebut kembali kebebasan itu sendiri.kebebasan yang selama ini saya cari-cari.

Melihat dunia lewat kotak persegi empat,koran,dan beberapa kejadian yang terjadi didepan mata ini,saya menjadi lebih peka.
Yang dulunya saya benci hukum,sekarang saya mau masuk ke dalamnya.Mencernanya dan membuatnya terpatri di dalam kepala ini.Memang sih untuk mengerti tentang keadilan dan HAM tidak harus pindah jurusan.Benar-benar pemikiran egois saya sendiri,yang mau belajar ilmu hukum lebih dalam lagi.

Di pesantren saya belajar banyak hal tentang hukum dan agama lebih banyak lagi.yah mungkin ini yang benar-benar saya inginkan dari dulu.Memperdalam ilmu agama di kampus ini dan juga hukum tentunya.Semoga saya benar-benar bisa survive dengan niat ini sampai lulus nanti.

Saya mau jadi singa forum dan naga jalanan.Suatu hari nanti saya akan berdiri di forum itu,menyuarakan suara saya lebih lantang ! 
Saya benar-benar muak dengan keadaan seperti ini.Ketika hak-hak rakyat dikebiri oleh penguasa-penguasa negeri yang katanya sudah merdeka !Bagaimana mungkin kita hanya diam ? Bagaimana mungkin hati kita tak terketuk ? Sebagai mahasiswa yang berlabel agent of change !

Melihat korupsi dimana-mana,mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas,pada saat itu juga hukum seolah tak dianggap keberadaannya.Padahal hukum disimbolkan dengan seorang dewi yang memegang pedang ditangan kanan sebagai lambang kepastian dan timbangan di tangan kirinya sebagai lambang keseimbangan yang berarti tidak berat sebelah.
random pict from google
Lady of justice ini juga ditutup matanya dengan sehelai kain yang berarti hukum tak membedakan orang atas dasar agama, suku, golongan, dan status sosial maupun ekonomi. Jadi, sudah seharusnya hukum mendengarkan kedua belah pihak yang bersengketa dengan mempertimbangkan bukti-bukti yang ada. Oleh karena itu, sebuah keputusan harus berdasarkan fakta-fakta yang disampaikan.Tapi,dengan kondisi sekarang,saya rasa simbol tersebut sudah berubah.Mungkin bukan lagi memegang pedang,tapi uang yang pada akhirnya mempengaruhi timbangan.Seakan-akan hukum bersekongkol dengan ekonomi.Apakah ekonomi yang meminang hukum?

Saya mau bergelut di dalamnya,doakan saja saya kuat.doakan saja saya bisa memegang prinsip yang selama ini saya tanamkan di kepala ini.Walaupun saya tahu akan banyak hal yang bertentangan dengan pemikiran egois saya sebagai diri saya sendiri.Itu tak akan jadi masalah,Saya akan tetap survive.Tekad saya sudah bulat!
Semangat gie benar-benar mengalir dan mulai menggerogoti kepala ini.Saya bersyukur sedikit banyaknya sudah mengenal sosok beliau dari sedikit buku dan puisi-puisinya.Yah Gie memang sosok idealis yang romantis.

Saya melihat sesuatu yang baru disini,sesuatu yang saya remehkan dari dulu.
Ah aksi lagi.ah demo lagi.ah bla bla ! Terlepas dari semua anarki yang di luar kontrol mahasiswa itu sendiri sebenarnya mereka yang berlabel agent of change ini punya tujuan baik ingin meruntuhkan tirani yang kadang mengkebiri rakyat kecil !
Saya tidak tahu apakah nantinya saya akan ikut aksi atau tidak,hal itu masih menjadi sebuahh konflik dipikiran saya sendiri.

Gie,apa yang akan kau lakukan ketika melihat negeri yang carut marut seperti sekarang ini?
Apakah kau akan menulis dan mengkritik dengan tajam seperti dulu lagi ? Demonstrasi ?
Ya tentu saja itu Gie yang ku kenal,karena seorang gie tidak akan mendiamkan kesalahan yang dimana itu adalah sebuah kejahatan !
"Saya mimpi tentang sebuah dunia dimana ulama, buruh, dan pemuda bangkit dan berkata, “stop semua kemunafikan ! Stop semua pembunuhan atas nama apapun.. dan para politisi di PBB, sibuk mengatur pengangkatan gandum, susu, dan beras buat anak-anak yang lapar di 3 benua, dan lupa akan diplomasi" #gie
Mungkin Hanya Avatar yang dapat menghentikan kekacauan negeri ini ! hanya generasi muda yang punya kesempatan untuk melakukan sebuah perubahan yang besar pada negeri ini.Hanya kita yang peduli terhadap negeri ini.Hanya kita yang peka dan peduli terhadap orang lain.Hanya kita yang benar-benar mencari sebuah keadilan !Kalau kita mendiamkan tirani ? Siapa lagi yang akan membela hak-hak rakyat kecil ini ! Siapa !!

Sepertinya saya sedikit menangkap sosokmu diantara anggota senat itu gie.Orang itu begitu pandai memainkan kata-kata.menusuk tajam tapi ramah dan juga hangat.Ah Saya akan belajar banyak dari orang itu.
Semoga saja penilaianku ini tidak salah.

45 comments:

  1. Wahh..pulang dari sanlat dapet pencerahan niih :))
    sukses terus buat kuliah hukumnya, moga gak salah dalam memmberi hukuman ame orang laen ye ^_^

    ReplyDelete
  2. saya ikut mendukung sob kalau untuk urusan hukum keadilan seperti ini,,nice posting sob.

    ReplyDelete
  3. Yeps. Mahasiswa memang agen perubahan. Jatuhnya Soekarno dan Soeharto juga dimotori oleh Mahasiswa. Tapi sayang, mahasiswa saat ini ada yang kurang mengerti arti demokrasi. Hanya asal bersuara, asal gelar aksi, tapi tidak tau arah dan tujuannya apa. Malah ada yang aksi karena dibayar.

    Tapi menjadi seorang yang idealis, mau meluruskan yang melenceng dari tingkat bawah sampai tingkat atas itu bukan hal mudah. Malah-malah, belum sampe atas udah di jegal duluan. Contoh: Munir.

    But, semoga kamu bisa ya Uchank!!! benar-benar menegakkan demokrasi dan meluruskan yang melenceng. Aminnnnn

    HIDUP MAHASISWA!!!!!! HIDUP MAHASISWA!!!

    kamu pernah dengar lagu yang syairnya begini?

    "Berderap dan melaju, menuju Indonesia baru"
    "Singsingkan lengan baju, singkirkan semua musuh-musuh"
    "Rakyat pasti menang melawan penindasan, rakyat kita pasti akan menang"
    "Rakyat pasti menang rebut kedaulatan, rakyat kita pasti akan menang"

    hehe, saya jadi inget pas jadi mahasiswa suka ikut aksi ke gedung DPRD.

    ReplyDelete
  4. @Belo,amin hha :) semoga aja deh.otak ini masih waras kok :D

    @Nurmayanti yeee KOFTE hahaha :D teknik pasti ?

    @al kahfi.terimkasih mas atas dukungannya:D

    @Annisa wah bener banget pendapat kamu mbak nisa.doakan saja saya semangat gie mengalir terus di dalam dada mbak :)
    Iya sepertinya pernah dengar :D

    ReplyDelete
  5. berontak cank. karena tidak semua sejarah dan buku itu benar.

    ReplyDelete
  6. ooww ngambl hukum skrang dek, masih d dipanegra ato dmana//??

    ReplyDelete
  7. apapun pilihanmu, kami dukung dan semoga menjadi kebaikan kedepannya. keep spirit. :)

    ReplyDelete
  8. hore hore, bang saya nitip beras sekarung (?)

    hmmm, asik2 saya juga gerah melihat ketidak adilan di mana2..tapi saya juga cuma bisa diem, melongo, dan marah sendiri..
    semoga keinginan bang ucang bisa terealisasikan..
    saya dukung doa dari sini ^_^

    ReplyDelete
  9. @ahmad buset dah.kau menyruhku berontak kepada apa dan siapa ?jahaha

    @chilfia sep yak :) keep spirit

    @enny boleh boleh.beras sekarung atau segudang gak masalh.duitnya tapi ya...thanks en :D

    ReplyDelete
  10. wow wow jd nak hukum nih ceritanyeee...sukses bang ;)
    majukan hukum Indonesia ;)

    Apapun jurusannya,,,minumnye tetep aer putih kn bang :D

    ReplyDelete
  11. Pikiran saya akhirannya langsung ingin dijernihkan setelah baca postingan ini.. :)

    ReplyDelete
  12. ternyata arti simbol hukum itu gitu, wah tambah ilmu nih, makasih bang :)

    ReplyDelete
  13. Wow..Semangat Bro Belajar ilmu hukumnya.,...
    Kita mendoakan semua semoga sampai pada apa yang ditekadkan.
    semoga di masa depan menjadi penegak keadilan...
    seperti yang dicita-citakan....

    Salam kenal,,,

    Izin Follow

    ReplyDelete
  14. @caya iya bener...air putih emang bagus buat kesehatan.tau aja nih :p

    @basmah.wah silahkan,berpikir jernih :)

    @Rakyan iya sama2..keep writing yak.hhe

    @Arr rian.Sip kawan.amin deh amin :)

    ReplyDelete
  15. wow!!!
    sukses terus dengan pilihanmu, sob! :D

    ReplyDelete
  16. kalo cinta sudah dibuang
    jangan harap keadilan akan datang
    ....
    woo yao yao ya bongkar
    woo yao yao ya bongkar

    by Iwan Fals

    ReplyDelete
  17. wah....anak hukum kaka
    semoga nanti bisa memberantas yang korupsi
    amin....^^

    ReplyDelete
  18. Maju terus bang, Selamat menegakkan Hukum....

    ReplyDelete
  19. yang jadi anak hukum itu ya, seeeeh! hidup mahasiswa! hahaha

    ReplyDelete
  20. wah ternyata pindah jurusan jadi dimana nie kampusnya chank....? selamat ya apapun itu dan jika itu diyakini adalah pilihan yang terbaik dan dirasa nyaman untuk dilakoni...ambil dan laksanakan dengan sepenuh hati... semoga uchank yang ada sekarang adalah sama dengan uchank akan datang...dengan pemahaman saat ini bolehlah...sippp...selamat ya...sukses buat niat dan perjuangannya...

    ReplyDelete
  21. wow.. di jurusan manapun asal semangat mencari ilmu insya Alloh akan bermanfaat ilmunya.
    dari IT ke Hukum itu jauh sekali. hehehe..
    keren deh, klo udah punya keinginan dari diri sendiri spt apa bakal enak. ayo semangat mahasiswa :)
    klo udah terjun ke dunia nyata jgn lupakan idealismenya ya.
    semangat uchank :)

    ReplyDelete
  22. wah ada Gie.... singa forum dan naga jalanan? hoho mancap.. aaaaaaamiiiiiiiiiiiiiiin

    ReplyDelete
  23. semoga apapun pilihanmu, akan tetap menajdi yang terbaik. Saya kagum dengan gambar dewi itu, andai saja hukum sekarang sejajar dan searah benar dengan lambangnya -_-, yang beruang yang menang, sepertinya akan terus begitu jika jiwa-jiwa golongan atas masih miskin kejujuran #fyuhh.. kayak npolitisi belum ngomongku huhahahahah

    ReplyDelete
  24. Wah2...anak hukum...Jadi pengen diskusi sama antum masalah hukum...Soalnya bisa dibilang saya adalah orang yang tidak percaya pada hukum dan HAM...Karena hampir semua tokoh hukum idola saya meninggal...Nah, dibalik itu semua, saya belajar, bahwa hukum yang paling adil adalah hukum yang diciptakan Allah yang dapat kita baca dan aplikasikan dari Al-Qur'an dan Kitab-kitab Sunnah...Menurutku hukum bukanlah sebuah tatanan yang dibuat atas kesepakatan masyarakat...Karena bila itu terjadi, maka hukum bisa diubah dengan seenak-enaknya oleh si pembuat hukum...Hal ini yang membuatku memandang hukum tak adil...Dan logikanya, Indonesia yang 'katanya' negara hukum justru disanalah banyak pelanggar hukum...Sekian ajalah...Mohon maaf kalau kurang berkenan...Wassalam...

    ReplyDelete
  25. @feat amin :)

    @ahmad hahaha kok jadi nyanyi mas.sep2 saya salah satu penikmat lagu2 bang iwan :D

    @Azizah amin :) km jg yak :p hha

    @Wahyu sep maju pantang mndur ! :D

    @reza hahaha hidup mahasiswa !!

    @Mas helmi Hheehe iya kang.sekarang di universitas muslim indonesia.Amin semoga prinsip yang sy pegang selama ini tidak akan buyar dengan proses2 yang akan sy lewati nantinya :)

    @Irma amin mbak.semoga saja saya masih bisa mempertahankan pemikiran2 yang selama ini saya pegang :D emang jauh banget yak dari it ke hukum.hahaha

    @Parlina hahah amin deh :D

    @Inuel gpp sahabat :) pemikiran anda itu ada benarnya.lebih peka terhadap kemelut negeri ini gak ada salahnya :)

    @farid wah innalillahi kalau begitu.pendapatnya ada benarnya.justru karena itu kita sebagai generasi mudalah yang menjadi ujung tombaknya sekarang dengan memperbaiki akhlak.
    kapan2 kita bahas deh soal hukum dan keadilan menurut pandangannya farid :)

    ReplyDelete
  26. berkunjung pangeran kodok #eh ? wqwq

    ReplyDelete
  27. saya doakan niat kamu terus lestari tidak kekang oleh waktu dan duit wkwkwkwk :D ini adalah fase pertama kamu dalam dunia nyata fase berikutnya lebih banyak setannya chank :D mantapkan cita2 jjangan sampai labil kedua ni pilihan

    ReplyDelete
  28. semoga lahir seorang sarjana hukum yang pro rakyat.. doa saya untuk'mu saudaraku.

    indonesia sedang butuh orang2 yg idealisme tak bisa di gadai. semoga kelak kau menjadi orang2 seperti itu.

    salam.,

    ReplyDelete
  29. wahhh... yang penting bisa berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa,,,huahhaaa...
    Selamat menegakan hukumm om... tpi jangan hukum rimba ya... buakkakaaa
    semangattttt..........

    ReplyDelete
  30. bangsa ini sedang mencari para penegak keadilan, seperti mas ini, lanjutkan perjuanganmu mas :)
    bawa negara ini jadi lebih baik yah ^^

    ReplyDelete
  31. wauu... aura semangatnya membias sampai kedada ini...
    sebagai mantan mahasiswa F. Hukum sangat bangga dgn misi dan visi yg dibawa mas Uchank, tapi ingat... semangat dan Idealis yg menggebu2 tdk cukup kuat untuk merobohkan kokohnya tembok pelindung yg dibangun oleh oknum pelaku hukum, tp jg jgn patah semangat, yg penting adalah hrs istiqomah berkoalisi dgn sang Maha Perkasa, dan mengajak orang2 utk amar ma'ruf nahi munkar, Insya Alloh segalanya menjadi mudah

    tetap berjuang.... keep spirit...

    ReplyDelete
  32. what a nice post! mind to visit and follow me? I'll follow you back then..:) and please let me me know if you already follow me :)

    ReplyDelete
  33. semoga kalau sudah jadi penegak hukum dapat menjalankan hukum tanpa pandang bulu,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  34. Waduh, di kampus Uchank ada pesantren kilat? Dan wajib hukumnya? Di kampus saya gak ada. :)

    ReplyDelete
  35. sungguh artikel yang menarik :)
    hukum secara tulisan atau lisan hanyalah sebuah alat, dan alat itu apakah berfungsi atau tidak terserah kepada orang yang menguasai alat itu "THE MAN BEHIND THE GUN"...dan bagaimanakah hasil dari penggunaan alat itu kembali kepada SANG PENGUASA ALAT, sanggupkah dia memenangkan perkelahian hawa nafsu dalam dirinya yang akan menentukan kemana langkah kakinya menapak...arah PUTIH YANG SUCI atau KEGELAPAN YANG HINA DUNIA AKHIRAT

    ReplyDelete
  36. nak setiap pilihan selalu ada resikonya. kamu ga bisa jadi "putih" selalu. kamu harus terima resikomu. berat memang. tapi asal kamu tetap berpegang pada-Nya, kamu pasti kuat kok. semangat :)

    ReplyDelete
  37. @ervina.ya makasih pangerannya :p

    @kang yudi amin.hahaha sebenarnya ini fase kedua sih menurut sy kang.doakan sj saya kuat :D

    @roe amin kang roe :)

    @ikbal wah om om om..ckckck yang om sapa?haha semangat !

    @ladida amin..perjalnan sy msh panjang mbak :D

    @ kang insan waw waw lebay deh kang.hahaa sip :)akan sy ingat trus itu kang .

    @secret thanks :) will be there :D

    @ saryadinilan amin.. peace love n gaul juga mas. @asop hahah iya.wajib :D

    @hariyanto wah koment anda maknanya dalem banget :) sy ckup bsa mengerti :) terimakasih :D

    @ annesya iya bu'anakmu ini akan terus semangat :D

    ReplyDelete
  38. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan & terbanglah bersama mimpimu di atas langit nan biru
    Dah aku follow blog kamu,gantian follow back balik ya

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikumwrwb.
    Selamat sore wahai mas Uchank sang penggemar kodok, hehe. Semoga sehat selalu ya di persidangan. #eh...

    Saya belum pernah pindah jurusan atau kampus, berusaha setia walaau saya kecemplung masuk Jurusan itu. Saya ambil Manajemen Informatika. Ya belajar Sistem Informatika Manajemen juga, hehe. Coba ga pindah pasti kita jumpa Mas. Haha.

    Semoga di jurusan yang barunya di Jurusan tata boga yak? Haha, candaa. Hukum. Nah makanya saya diawal bilang, semoga lancar di persidangan. Haha. Sukses selalu, semoga bisa menjadi teladan bagi semua yang kenal denganmu kawan. Amin

    Satu lagi, aku kok ya gereget sama tanda bacamu Mas. Setelah koma dan titik coba di pisah. Haha. Atau sengaja sukanya begitu yak? Tapi tulisannya ga mudarin makna kok. Semangaat...

    ReplyDelete
  40. lha... ane dulu juga wajib ikut begituan waktu mahasiswa.... tetapi bisa aja dapat alasan untuk kabur meninggalkan acara heheheheheheeheh

    *kenakalan masa mahasiswa

    ReplyDelete
  41. wah.. berani nekat juga ya pindah jurusan.
    gak takut tua di kampus. ehe ehe ;D

    ReplyDelete
  42. Thanks dah mampir semuanya :)

    @mas qefy walaikumsalam wr.wb amin..sukses juga deh mas qefy :D hehe sengaja emang tanda bacanya gitu.lebih nyaman ngetiknya..

    ReplyDelete

speak up!