Pages

Andai punya mesin waktu

07 October, 2011

Hari ini sebenarnya saya gak tahu mau menulis apa,benar-benar blank.
Setelah dari kampus hanya untuk meminjam dua buku yang berbeda di dua perpustakaan yang berbeda pula akhirnya saya ngintip facebook dulu.Sapa tahu ada fans yang nyasar #ngareep
pict from here
Sedang asik-asiknya membaca status teman-teman saya yang lagi sedih,senang dan rata-rata mengelukan tentang cuaca yang tidak menentu,kadang hujan kadang panas.Jempol saya tiba-tiba berhenti di status seorang teman.

“Kalau saja ada doraemon,mau pinjam mesin waktunya dan balik ke masa lalu. Terus mengubah hidup di masa lalu,biar hidup di masa sekarang baik-baik saja"
Membaca status teman dari palembang ini yang juga salah satu rekan detektif saya,membuat senyum terheran-heran dan lucu karena hampir berpikiran yang sama.Tapi kemudian saya berpikir dan menelaahnya lagi.Saya jadi ingat pernah membaca buku yang bilang “Hal yang paling jauh dari diri manusia adalah masa lalu,dan yang paling dekat adalah kematian”

Untungnya saja kita tidak hidup di dunianya doraemon.Bisa saya bayangkan orang-orang akan berdatangan ke rumah nobita dan mengincar doraemon.Mungkin akan ada yang meminta mesin waktu,mesin pembuat uang,baling-baling bambu,roket ke planet lain,pintu kemana saja dan alat-alat doraemon lain yang tidak mungkin saya sebutkan satu-satu disini.
Semua orang akan berpikiran serba instan,dan tidak mau berusaha lagi.Karena dengan alat doraemon apa saja yang kita inginkan dan mau lakukan bisa dengan instan.Kayaknya kalau benar-benar ada doraemon,bisa-bisa dia bikin agama baru deh.Untungnya hanya sebuah imajinasi.

Belum ada doraemon saja,sekarang ini orang-orang sudah berpikiran serba instan.Yang mau kaya menghalalkan segala cara untuk cepat kaya.
Korupsi,menipu,mencuri,pelihara tuyul,pakai jimatlah yang penting mereka mau cepat kaya! Padahal kalau mau cepat kaya hanya butuh satu kata doangkan ?
“duit” (dibaca : doa usaha ikhtiar tawakkal)

Tapi gak semua yang instan itu haram dan berdosa kok.Ada yang instan tapi gak dosa kalau dilakukan.misalnya saja masak mie instan,atau memakai lift yang instan buat naik ke lantai 20,dan mungkin juga memakai alt+tab yang instan untuk pindah-pindah window di layar laptop.Bisa menghemat waktu dan tenaga !

Kembali ke status facebook teman saya diatas.

Saya pikir masa yang sudah lewat tidak akan mungkin kembali lagi deh,walaupun banyak film-film yang menyajikan tentang lorong waktu,mesin waktu, ataupun tentang seseorang yang bermimpi ke masa lalu dan bisa mengubahnya.Semua itu murni hanya cerita fiksi dan imajinasi dari seseorang yang kreatif.

Hidup ini tidak sesimpel sebuah kaset film atau cd yang bisa seenaknya kita repeat,stop,dan play lagi.Hidup adalah sebuah perjalanan yang hanya memiliki satu remote dan satu tombol “play".Remotenya adalah diri kita sendiri,dan tombol playnya sudah ditekan pada saat kita lahir.Tapi kemana tombol stopnya?
Bukankah nanti kita akan meninggal,dan stop dalam arti yang sebenarnya ? Saya pikir tidak demikian,saya tidak mau menulis tombol stop karena percaya masih ada kehidupan setelah kita mati nanti.Di alam sana nanti kita akan dimintai pertanggung jawaban atas semua perbuatan kita di dunia.

Jangan pernah berpikir saat kita punya masalah BESAR,hutang, atau depresi berat kita berpikir untuk menekan tombol “stop” dengan bunuh diri.Itu benar-benar pemikiran yang sangat dangkal dan primitif.Malahan kita hanya akan mendapat masalah yang lebih BESAR dibandingkan masalah yang kita hadapi di dunia ini.

Tiap dari kita pasti punya masa lalu yang buruk,dimana seandainya kita punya penghapus rasanya ingin sekali masa lalu yang buruk itu kita hapus dan menganggapnya tidak pernah terjadi atau kita rasakan.Tapi percaya atau tidak,semua proses yang baik ataupun buruk dimasa lalu kemarin akan menjadi pelajaran berharga untuk kita hidup lebih baik lagi ke depannya.Hanya dengan berpikir “ingin berubah menjadi lebih baik”saya pikir itu adalah sebuah kemajuan dalam pemantapan hati.

Ada kata-kata yang saya suka dan benar-benar menancap disalah satu otak saya yang entah otak kiri atau kanan, kata-kata yang saya dapat dari seseorang teman spesial yang mengajarkan saya tentang kebiasaan-kebiasaan yang baik. Dan baru saya sadari sekarang kalau ternyata makna kata-kata ini terlalu dalam dibandingkan tiap hurufnya yang terlihat begitu sederhana.

“no regret life”

Saya pernah menggunakan kalimat ini sebagai password untuk akun facebook hanya supaya bisa menguatkan hati saya,kalau yang saya jalani waktu itu tidak akan pernah saya sesali seumur hidup.Dan benar saja,sekarang rasanya begitu plong karena saya bisa move on dan tetap dekat dengan dia.
Saya tahu perasaan ini adalah fitrah-Nya dan setia dengan perasaan ini ada proses yang harus saya lewati,entah sampai kapan rasa ini akan bertahan.Apakah nanti saya akan sampai di ujung jalan dan menyampaikan rasa ini pada orang tuanya atau mungkin di pertengahan jalan saya bertemu dengan orang lain ? Who knows... Jodoh ditangan Allah.

 #Loh malah curhat colongan nih.

Tetap semangat untuk hari-hari yang begitu sempurna !
Jangan pernah menyesali apa yang sudah lewat,toh itu semua adalah efek domino dari perbuatan kita sendiri.Jangan salahkan siapa-siapa dan jangan pertanyakan "kenapa harus saya".
#Anak murid Mario Teguh ( ngareep lagi )

64 comments:

  1. kalo kata2 org bijak,, justru masa lalu menjadi mesin pendorong tuk melaju dan menghadapi masa depan,,hehe,, met siang menjelang sore sob

    ReplyDelete
  2. Pepatah Arab mengatakan Waktu adalah pedang (kalo ga salah) atau orang Inggris mengatakan time is money, so pergunakanlah waktu kita (saat ini) dengan sebaik-baiknya, karena hal yang tidak akan pernah terulang dalam hidup adalah waktu dan kesempatan

    "Jangan pernah menyesali apa yang sudah lewat" i love this quote..

    love this post..:)

    ReplyDelete
  3. oh iya satu hal lagi, masa kini adalah cerminan dari masa lalu.. :^_^

    ReplyDelete
  4. @al kahfi iya benar kang :D selamat beraktivitas saja untuk anda.huahua

    @mbak tie. setuju :D tapi menurut saya mbak tie.semua orang bisa berubah dari pembelajaran di masa lalu :)
    biarpun dulunya dia jahat,tapi dia berhak dan bisa berubah jadi baik di masa kin.

    ReplyDelete
  5. gue gak pernah nyeselin semua yang udah terjadi dalam idup gue, Alhamdulillah sekarang lebih banyak bersyukur dengan semua apa yang gue punya.. *senyum*

    undang2 ye kalo lo ame doi berjodoh *tiinnng.. ^_*

    ReplyDelete
  6. nggak ada yang kebetulan dalam hidup.. ketemu orang, ditinggal orang, mati, lahir, dll. semuanya tinggal disyukuri aja.. saya juga pengennya ada mesin waktu dan semua pun pengennya begitu.. tapi itulah, Tuhan pun nggak semudah itu untuk mengembalikan kita ke awal meski Dia adalah yang maha mudah.. :)

    ReplyDelete
  7. @belo sep neng belo.kayaknya umur yang lewat kepala 2 udah banyak memberi pelajaran hidup nih :D akwakwka peace yak :)

    @ayu,heheh setuju sekali dengan pendapatnya mbak ayu :) gak ada yang mustahil emang kalo sudah berurusan sama Allah.

    ReplyDelete
  8. no regret life.
    boleh sih nyesel dgn yg kmrn, tapi gak boleh lama2...msti sgra bangun utk ngejer ktrtinggaln. bener gk?
    =)

    ReplyDelete
  9. yah kok saya dipanggil mbak-mbak.. -_-"

    @rezkaocta: iya bangun, tapi kalo nggak kuat, boleh kok merangkak dulu. :)

    ReplyDelete
  10. ummm , numpang tanya ?
    efek domino apa yaa ?
    hehe :P

    ReplyDelete
  11. postingan apdet ey.... mantep dah semangatnya

    salam dari makassar :D

    ReplyDelete
  12. Kirain mau posting gambar doang..eh ternyata berbuntut curhat.ahahhahaa. remember Curhat is not crime, minjem kata2 bang SaladineCode...

    Akhirnya postingnya bisa panjang banget setelah jalan2 ke FB. mungkin perlu tengokin terus biar inspirasinya banyak, saran aneh #Jitak!

    Iya, waktu memang tidak bisa kita kendalikan lajunya, apalagi masa lalu tak kan pernah bisa dirubah...Masa depan adalah usaha keras di hari ini...

    komen apa curhat? #Kanbuuuur....

    Semangat terus Mas Uchank!

    ReplyDelete
  13. @rezkaocta bener..never give up !! :)

    @ayu,oh iya deh kak ayu :p haahahaa manggilnya apa dong.masa mas ?

    @irra efek domino adalah efek dimana saat kita bermain domino ternyata dominonya itu gak sengaja kita makan.berefek sama perut #nyasar

    @Syam salam balik mas syam :D

    @Arr rian iyalah !! kapan juga curhat jadi sebuah tindakan kriminal ! ada2 aja nih mas rian.akwakwakwa
    semangat balik !! :D

    ReplyDelete
  14. yah kayak di back to the future, justru dengan kemampuan memutar waktu memang ada kelebihannya sih tapi banyak juga masalahnya :(
    tapi kalau beneran ada sih aku pengen dah hhehhe

    ReplyDelete
  15. oohh pasword fb'a itu ya..coba ahh :D

    yang instan2 biasanya ade efek samping'a..tp blh juga ya ada dora(emon) beneran, nanti sy mintai pintu kemana2 biar kemana2 tinggal ngesot :D..

    menurut saya kalo orang mau menyesal sah2 aja..justru malah harus menyesal. karena sudah mengenal yg namanya menyesal jadi kita gak berani melakukan kesalahan yang sama..

    uchank bikin saya galau -_-

    ReplyDelete
  16. daripada mesin waktu~ aku pengen pintu kemana sajanya doraemon :D hihihihi

    ReplyDelete
  17. @mbak tari haha iya bener2 tuh film :D wah sering mikir kayak gitu juga yak.hha

    @Enn silahkan dicoba dan selamat kecewa :p akwakwkaw
    akwakwakwak udah ada pintu masa masih ngesot.ada2 aja lo enn.
    jangan galau enn.katanya galau itu haram :p

    ReplyDelete
  18. @nurmayanti hahaha :D setuju....enak gak perlu visa atau paspor buat ke luar negeri :D

    ReplyDelete
  19. bener-bener, "no regret life"
    kalo misalnya hidup bisa di kembalikan gara2 pengen ngebenerin kesalahan, g seru dong. nggak berwarna, cuma ada warna abu-abu
    haha
    *apasih??

    ReplyDelete
  20. ngakak liat komen kangbro tentang efek domino, itu mah efek lapar, ga' ada makanan domino pun disantap :D. bercerita soal mesin waktu artinya dapt melompati waktu hanya dalam sekejap. mungkin kangbro prnh dengar ato membaca kisah john titor "lelaki dari masa depan", dia mengatakan dari masa depan ke masa lalu kalo ngga salah dia ke tahun 1977 mengemban misi kemudian dia mampir di tahun 2010 kalo ngga salah buat ngunjungi keluarganya. terkesan mengada-ada, tapi melompati ruang dan waktu memang prnh dilakukan manusia, dan mungkin satu2nya manusia yg pernah melakukannya. Nabiyullah Muhammad Saw ketika isra' mi'raj. beliau melakukannya hanya dalam waktu satu malam. tapi sungguh keajaiban, kalo ada yg ngaku2 dari masa depan seperti itu hanya bualan belaka....ups celoteh sy panjang amirr... :D

    ReplyDelete
  21. eh pass facebooknya sudah diubahkan..bisa berabe kalo belum..udah ketahuan ;D

    ReplyDelete
  22. coba kalo mesin waktu ada... orang-orang malas di seantero jagad akan girang bukan mainnnn...

    ReplyDelete
  23. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.. Masa Muda tak akan kembali... jika di suruh memilih antara waktu 5 menit atau uang seratus 10 juta, maka 10 juta itu tak akan mampu mengembalikan waktu yg 5 menit :)

    ReplyDelete
  24. mantap mas uchank..keren keren..padahal saya pasword fbnya sempet juga pakai no regret..sama ternyata..hehehee...

    ReplyDelete
  25. pendatang baru.salam kenal mas.kunjung balik ya !

    ReplyDelete
  26. lah iya, aku jadi mikir...itu kalo lemarinya bener ada, beneran bisa merubah masa lalu....apa iya masa kininya jadi bener sesuai keinginan? lah kalo malah lebih parah? heheheheh...

    jadi inget status temen fb-ku juga: semoga bisa selalu melakukan tafakkur, tadabbur, dan tasyakkur..^^

    ReplyDelete
  27. duh chank mau komen temen kamu yang di fb itu, dia cospayer ya? fotonya kayak cosplayer.
    lanjut komen ke tema.
    beberapa hari ini juga saya merasakan hal yang sama.

    ReplyDelete
  28. Yepss, jalani saja apa yang terjadi. nggak perlu kembali ke masa lalu untuk memperbaiki, cos there is always a way to go out.

    yesterday is history, today is present, dan tomorrow is mistery. :)

    ReplyDelete
  29. (kalau saja ada doraemon) >> hehehe.. hidup bukanlah sebuah hayalan, apa yang menjadi masa lalu kita itulah cermin yang bisa kita jadikan pelajaran,, apa yang kita hadapi saat sekarang inilah kenyataan yang harus kita hadapi dengan "ksatria",, dan apa yang akan kita hadapi di masa yang akan datang itulah harapan agar kita bisa merubahnya ke arah yang lebih baik ... :)

    salam silaturrahmi dan keep spirit... :D

    ReplyDelete
  30. Andai saja ada mesin waktu enak kali yah,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  31. kan ku benahi masa laluku yang suram,,,

    ReplyDelete
  32. Bermain-main dengan masa lalu bukankah hal yang berbahaya? Kalau kau tidak mampu berdamai, mungkin hidup yang kau jalani sekarang malah jadi berantakan.

    ReplyDelete
  33. Saya engga nyesel sama yang kemaren2 terjadi
    malah saya suka kangen pengin mengulang kenangan
    piye to?

    ReplyDelete
  34. Ngomong2, saya gak menjadikan fesbuk sebagai tujuan di kala saya blank. Blogwalking yang saya lakukan. :)

    ReplyDelete
  35. masa lalu tetep masa lalu dan ga akan berubah walau apapun yg terjadi

    ReplyDelete
  36. coba ngitung paragraf ah..
    eh emang beberapa paragraf terakhir tentang si kk rupanya :D
    ahaha
    (saya juga lagi blank)

    jika saja ada seseorang yang ingin/pernah menancapkan sesuatu di kepala saya sekarang. mungkin ada yang bisa kutulis..
    #ngacirbukajendela

    ReplyDelete
  37. menunggu kreativitasnya kembali sobat

    ReplyDelete
  38. Memang menyenangkan sepertinya, tapi tetap kita harus sdar dan tidak boleh terlenan karena bagaimanapun kita ada di masa sekarang, dan untuk saat ini sepertinya otak manusia belum mampu untuk menciptakan alat tuk kembali kemasa lalu hehe..

    ReplyDelete
  39. hahaha lagi ngeblank buka fesbuk malah bikin galau yeh??
    hohoho
    jd ikut galau saya... -___-

    ReplyDelete
  40. wah, email buat log in fb nya apa sob? pengen saya masuk pake passwordnya itu. :P

    ReplyDelete
  41. sebenernya lebih baik ga ada doraemon, nobita aja jadi pinter pas doraemon ga ada. :D

    ReplyDelete
  42. Akibat terlalu terjebak di masa lalu, akhirnya malah menyerah. Kalau kata para jomblo mah gak bisa move on :p

    ReplyDelete
  43. umurmu masih 20, tapi cukup dewasa dalam menilai sebuah persoalan. saya cuma salut..
    saat saya seusia kamu, lagi asyik2 nya main PS, nakal kiri kanan, hahaha... masa2 pencarian jati diri.

    lanjutkan anak muda. kuliah yang rajin yah bung uchank. hehe..

    ReplyDelete
  44. Tetap semangat untuk hari-hari yang begitu sempurna !

    waww... ternyata Mas Uchank dewasa banget ya (kayak nobita)
    mantaapp dah..

    btw... header blognya keren banget ni... ajarin donkkkkk #nangisdipojokan.. :#

    ReplyDelete
  45. Tidak punya mesin waktu untuk mengembalikan waktu yang telah berlalu bukanlah kesalahan. Kesalahan adalah ketika kita tak mau memaafkan masa lalu dan memperbaiki untuk menyambut masa depan..
    Selamat buat Uchank yg telah bisa menghargai banyak hal dalam hidup.. #sukadengantulisanini..

    ReplyDelete
  46. weow penuh commentnya, dirimu rajin BW juga ya sobat, BTW dimana saya bisa download badan danbo.. itu badannya gak ada haha

    ReplyDelete
  47. membaca posting ini sambil mengingat film Butterfly effect.

    "No regret life", nice quote, gan.

    ReplyDelete
  48. tapi enak juga ya kalo bisa time travel.. *ngayal

    ReplyDelete
  49. udah berhenti berandai2nya... ayo menghadapi hidup nak... :D

    ReplyDelete
  50. Pengen main kesini ada pa ya?
    Ternyata tamiplan baru,..keren mas Uchank!!

    ReplyDelete
  51. padahal awalnya gini --> "Hari ini sebenarnya saya gak tahu mau menulis apa,benar-benar blank."

    tapi isi postingannya panjang juga. nice post, salam kenal :)

    ReplyDelete
  52. suka banget tulisan uchank..
    wiw keren..
    ya saya setuju, klo ada doraemon bisa-bisa orang cuma minta ini itu tanpa mau berusaha dulu. hidup itu perjuangan, tanpa perjuangan sama saja seperti menunggu hujan di musim kemarau.

    saya pernah melihat film ttg mesin waktu, klo ga salah judulnya "time machine", yg saya ambil kesimpulan dr film itu adalah kita ga bisa serta merta merubah takdir yang sudah digariskan. tapi klo merubah nasib itu pasti bisa :)

    ReplyDelete
  53. Tetap semangat untuk hari-hari yang begitu sempurna !
    Saya suka kalimat yang ini... hehehehe
    nice posting Om, xixixixi
    kulit barunya juga oke nih...

    ReplyDelete
  54. kalo ternyata memang mesin waktu ada..
    tolong beritahu saya ,,
    pengen nebeng ke masa depan :D

    ReplyDelete
  55. kadang, saya juga pengen punya mesin waktu agar bisa balik ke masa lalu. karena ada hal2 yg saya sesali pernah terjadi, tapi semua itu hanya mimpi toh

    ReplyDelete
  56. Toh kalau bisa di putar seperti lorong waktu,pasti kehidupan kita pada saat ini akan berubah semuanya,karena menurut w di masa lalu adalah keputusan benar & salah yang kita ambil dan harus dipertanggung jawabkan oleh kita sendiri

    ReplyDelete
  57. kadang pernah kepikiran begitu juga sih. pengen punya sesuatu yang bikin hidup jadi 'cling' dan tanpa hambatan.

    hmmmmm, tapiiiiiii. dari sulu jawabannya tetep sama: nggak mungkin.

    ReplyDelete
  58. Nice post mas...
    Tapi seru juga kali ya kalo sekali-sekali ada semacam doraemon dateng gitu, huehehe...

    ReplyDelete
  59. Nice Post gan, tulisan tulen dari seorang penulis berbakat!

    ReplyDelete
  60. mas uchank pinter juga yah ternyata. gak nyangka...

    ReplyDelete
  61. Wuahahahaa pada banyak yang ngarep mesin waktu ternyata.
    thanks udah mampir :)

    ReplyDelete
  62. tapi nih kak ya, udah segede gini juga (17 tahun) aku masih suka doraemon lho...
    Lalala...aku sayang sekalii...doraemon...

    ReplyDelete

speak up!