Pages

a moment to remember =="

30 August, 2011

eits bukan iklan coca-cola yee (nyolek dari google)
 "Memaafkan adalah memberi sedikit ruang pada rasa benci.dia telah mengajarkan banyak hal kepadaku. Aku harus menemuinya, ada hal yang ingin kukatakan padanya sebelum dia benar-benar melupakanku. Jika tidak, Apalah arti hidupku?"
(boss kayaknya lama-lama lo jadi melankolis deh,tapi minal aidin walfaidzin juga deh)

Ehm itu kata-kata yang masih saya ingat dari film a moment to remember.
Film ini saya tonton tahun lalu,karena tahun lalu saya belum semangat nulis makanya deh baru nulis sekarang,tapi tetap saja alur cerita dari filmnya gak bisa saya lupa.
ini salah satu film kegemaran saya,walaupun keluaran tahun 2004 tetap saja ini film keren menurut saya,tahu kenapa ?(sumpah gak mau tahu boss males cinta-cintaan nih)
Karena alur ceritanya gak muluk-muluk kayak film lain.
Bukan kisah romantis atau cengeng seperti biasanya,dan yang terpenting lagi adalah film ini bercerita tentang kesetiaan seorang suami pada istrinya yang terkena alzheimer desease yang mengakibatkan hilangnya semua memori yang telah dilaluinya selama ini. ( wuih jadi ini halal yah boss ? ) kayaknya sih gitu,kan udah married,lo gimana sih.diem aja deh daripada gw suruh mudik jangan balik-balik!

Awal pertemuan kim su-jin dan chui chol-suu di sebuah mini market .si ceweknya ini salah paham sama si cowok,gara-gara minuman kaleng yang habis di belinya,haha moment yang lucu menurut saya.tapi gara-gara itu su-jin penasaran sama tuh cowok dan nyari-nyari dia buat minta maaf.
Setelah itu mereka ketemu lagi di proyek pembangunan Ayahnya su-jin,ternyata si cowok ini cuma seorang tukang*sebut saja begitu.walaupun cuma seorang bawahan chol-suu membuktikan bahwa dia juga punya harga diri dan kemampuan yang tinggi.
Ini dibuktikan waktu dia mulai berpacaran dengan su-jin,dia mengikuti tes arsitek dan ternyata lulus.

"Tidakkah kau ingin bertemu orang tuaku?" ucap Kim suu-jin
"Buat apa?"
"Siapa tau kita nanti menikah?"
"Apa yang kau lihat dari aku? Lihat dirimu, kau ini seperti seorang putri, sementara aku,aku seperti pengemis."

Menarik,tiba-tiba saja diajak married ! hahaha to the point banget(ahh si boss pasti udah kelepek-kelepek tuh ndak pake cari alasan lagi haha )

Kejadian aneh mulai terjadi setelah mereka berdua menikah. Kim su-jin seringkali melakukan hal-hal bodoh seperti tidak mampu mengingat jalan pulang menuju rumah dan sering lupa menaruh sesuatu. Sampai akhirnya ia mengkonsultasikan masalah ini ke seorang dokter dan kemudian menjalani beberapa tes. Dari hasil tes, dokter akhirnya mengeluarkan kata-kata berikut:

“Ada protein tak lazim yang menggumpal di urat nadi otakmu yang mempengaruhi sel otak. Jelas ini adalah faktor turunan. Kasus yang amat langka. Kau mengidap ….. Penyakit Alzheimer …”.

“Walaupun usiamu baru 27 tahun, itu mungkin saja. Ini yang akan terjadi kepadamu. Kematian secara mental akan terjadi sebelum kematian secara fisik. Sebaiknya persiapkan dirimu untuk hal yang sudah jelas akan terjadi. Obat-obatan mungkin bisa memperlambatnya, tapi hanya sebatas itu”.

“Apa kau bekerja? Kalau iya, segeralah berhenti. Segera kau tak akan bisa mengetik atau menjawab telepon, apalagi mengatur. Nyaris tak ada yang dapat kau lakukan. Kau akan lupakan keluargamu, teman-teman dan bahkan dirimu sendiri. Semua ingatanmu akan terhapus total"

Siapa yang tidak shock mendengar kata-kata dokter seperti itu ? Ah  bener-bener dah nih film bikin saya jadi galau segalau galaunya ( loh? kok tumben amat boss ) Bagaimana gak ? bisa bayangin gak orang yang kena alzheimer itu  lupa semuanya ! lupa caranya ngupil,boker,makan semua-semuanya pokoknya ! Nah bisa bayangin gak tuh? ( oh iyah juga yah boss jadi galau juga nih ) Nah itu ngerti !!

Salah satu adegan yang paling menyentuh adalah ketika Cheul-soo muncul di sanatorium dengan mengenakan kaca mata hitam, yang ternyata dipakai supaya sang istri tidak melihat air matanya yang bercucuran. Sungguh sangat dramatis.rasanya pengen kucek-kucek tuh sutradaranya bikin film kok gini amat ( lo kira jemuran ==" )

Ini adalah surat yang dibuat su-jiin pada suaminya saat dia pergi ninggalin rumah,yah dia gak mau nyusahin lagi suaminya,padahal si suami benar-benar gak pernah merasa terbebani,hebat !

MAAF. Maafkan aku
Aku tak pernah bermaksud menyakitimu….
Ya TUHAN apa yang telah aku perbuat ?
Kau menangis ?
Aku tak mau melihatmu menangis atau menderita.
Aku ingin membuatmu bahagia.
Tapi aku hanya membuatmu menderita.
Chul-soo. Chul-soo.
Cintaku
Jangan salah paham.
Aku hanya cinta padamu
Hanya kau yang ada di hatiku.
Aku hanya ingat dirimu. Sunggu.
Betapa inginya kutunjukkan isi hatiku padamu.
Apa mungkin bisa kulakukan itu.
Saat ingatanku masih ada?
Oh….. Jantungku berdebar…
Aku Kim Su-Jim.
Hanya mencintai Choi Chul-Soo
Aku tak ingin melupakan itu.
Seharusnya tidak ku lupakan?
Tahukah kau itu.
Kau bisa merasakan hatiku?
Aku takut kehilangan ingatanku lagi….
Sebelum ku katakan padamu semuanya aku harus bilang.
Aku mencintai mu, dan aku mohon maaf.
Aku bertemu denganmu sebab aku pelupa.
Aku meninggalkanmu sebab aku pelupa.
Kau hal terindah yang pernah terjadi padaku
Betapa bersukurnya aku pada TUHAN yang telah mengirimmu padaku.
Aku tak harus mengingatmu.
Kau adalah bagian dariku.
Senyumku, tawaku dan bauku sama sepertimu.
Aku mungkin melupakan mu.
Tapi aku tak bisa mengusirmu dari diriku.
Kau tak pernah katakan padaku kalau kau mencintaiku.
Tapi aku tahu jauh di lubuk hatiku bahwa kau mencintai ku.
Maafkan aku karena meninggalkanmu.
Kumohon.
Untuk terakhir kalinya.
___________________

Aku minta tolong.
Tolong tengok ayahku.



Untuk lebih jelasnya lagi buat yang belum nonton filmnya yah monggo disediakan waktu luang buat nonton,InsyAllah gak nyesel,buat cowok-cowoknya jangan cap dulu film ini dari luarnya,nonton pelan-pelan aja,tapi ingat gak pake acara nangis yee,kaum kita tuh pantang nangis nonton drama! (alahh sok macho lo boss) buat cewek-ceweknya pasti bergelimang air mata,siapin tissue banyak-banyak,kalo perlu ember sekalian :p

Oh iyah pelajaran yang bisa kita petik( hah? pohon? ) gak,diem deh lo ribet nih jadinya !
Sekali lagi saya ulang,pelajaran yang saya petik dari film ini adalah:
1.Jangan kelamaan pacaran,langsung married lebih baik biar ketahuan seriusnya :D
2.Menikah itu nyempurnain agama *kata ustadz ane
3.Orang menikah pasti lebih bahagia walaupun banyak cobaanya tapi setidaknya bisa dihadapi bersama.
4.Segeralah married bagi yang sudah merasa mampu :p
(ahh boss pelajaran apaan tuh? gak asik ah lo boss,kok jadi bahasnya married2tan sih)daripada bahasnya bunuh-bunuhan,mau lo ? haaaaah ?!

Eh sorry penonton,jadi off side gini.
Inti dari film ini sebenarnya sederhana,kita diajak berpikir,ternyata yang namanya ingatan itu sangat berharga.
Tanpa ingatan kita bukan siapa-siapa.tanpa kenangan kita tidak akan jadi apa-apa,karena dari pengalaman dan kenangan itu kita bisa dimanusiakan,kita mendapat pelajaran dan tumbuh menjadi lebih dewasa dari potongan memori yang kita lewati.

Untung ada blog ini,mungkin dengan ini saya akan lebih sering menyimpan potongan memori saya disini,dan suatu hari nanti jika saya lupa atau sekedar ingin mengingat moment-moment itu saya akan membuka dan membacanya,dengan begitu saya bisa merasakannya,meresapinya dan membiarkannya tertancap lagi di dalam pikiran saya ( masa sih ini boss gw ?? )

Oh iya tulisan ini juga terinspirasi karena senin pagi saya nonton tivi di chanel ikan indosiar,saya nonton Bleach the movie 3- fade to black,yang bercerita tentang Rukia Kuchiki dan semua shinigami yang ingatannya di hapus atau di sabotase oleh Hollow.Semua orang di soul scoety tidak ada yang mengingat Ichigo dan rukia.
Eh gak tau tiba-tiba kesambet apa jadi ingat film a moment to remember,saya juga bingung kenapa bisa gini,haha yang jelas saya selalu tertarik dengan film yang ngebahas memori,ingatan,ataupun kenangan( boss yang aneh )
fade to black : i call out your name (nyolek dari google
Tidak lupa juga :
Kapanpun kita merayakan lebaran,mau ganjil kek atau genap kek kita semua tetap satu,perbedaan tak harus menjadi sebuah perdebatan.Jalankan sesuai hati nurani kita masing-masing,bener gak ?(sumpah sotoy banget)
Salam idul fitry semuanya,minal aidin walfaidzin yee (sekali lagi)

27 comments:

  1. ah aku uda nonton dua2nya a moment to remember sama bleach fade to black... :D

    ReplyDelete
  2. yg a moment to remember aku juga udah liat. baguuuus >.<

    ReplyDelete
  3. moment to remember it emang dewa banget...

    ReplyDelete
  4. haaaa... gua doank yang belom pernah nonton film nya?? hikhik


    jadi penasaran nih.. :D
    tapi ngeri juga yah kalo punya penyakit kaya gitu.. jadi ngga inget semua org2 yang kita sayang..hmm.. ngga kebayang :(

    ReplyDelete
  5. Sumpee ye chank.. Baca postingan ni sampe abis bikin saya bertekad HARUS SEGERA MEMBELI FILM A MOMENT TO REMEMBER as fast as i can !!! Makasi bgt sharenya .

    ReplyDelete
  6. boleh ...
    follow mw first yaaCh .. :)

    ReplyDelete
  7. gue jg udah liat, tapi alurnya terlalu cepat, kadang kadang gue mikir "loh kok temu temu kyk gini s? kapan kawinnya?" atau "kok temu temu pacaran? pdhl blm kenal lama" gitu deh. ya so far gue ngerti jalan ceritanya, gue kasian sm suaminya, ditinggal sm istrinya. eh tp s istri kdgkdg suka inget semuanya, trus kl lg inget gt dia sk krm surat ke suaminya.
    oh iya, gue jg sk sm endingnya. di supermarket gt di tempat pertama mereka ketemu, disana jg ada keluarganya, dia tatapin satu satu muka keluarganya, trus dia blg "inikah yg dinamakan surga?" hahaha so sweet. gue jg udah liat, tapi alurnya terlalu cepat, kadang kadang gue mikir "loh kok temu temu kyk gini s? kapan kawinnya?" atau "kok temu temu pacaran? pdhl blm kenal lama" gitu deh. ya so far gue ngerti jalan ceritanya, gue kasian sm suaminya, ditinggal sm istrinya. eh tp s istri kdgkdg suka inget semuanya, trus kl lg inget gt dia sk krm surat ke suaminya.
    oh iya, gue jg sk sm endingnya. di supermarket gt di tempat pertama mereka ketemu, disana jg ada keluarganya, dia tatapin satu satu muka keluarganya, trus dia blg "inikah yg dinamakan surga?" hahaha so sweet.

    ReplyDelete
  8. Ah, film ini baru aja direkomen ama temenku. Emang bagus ternyata yaa? huhu mau cepet beli dvdnya hiks hiks

    ReplyDelete
  9. @Annesya wuih ! salam kompak deh mbak :D

    @Oryzabitha ah mbak salam setngah kompak jg deh,nonton bleach jga ya biar jadi 1 kompaknya :D

    @mbak enno tuh banyak yg blm nonton,haha iya bnar-benar gak kebayang,recomended movie banget deh :D

    @mbak euis dari capslocknya keliatan banget SEMANGAT nya !! hahaha jangan lupa share mbak kalo udah nonton :D

    @eeb dan shinobi wah thx dah mampir :D dah difollow

    @inggit gigit semut,wah iya mbak bener2 endingnya tuh,bikin gimana gitu...ahh good job deh,udah nonton filmnya haha semoga dapat pelajaran berharga kita semua.

    @mbak amanda hho iya mbak,buruan cpt. ini film tahun 2004 dah lama banget.donlod aja kalo gak dapat.

    ReplyDelete
  10. Salam izin fast read..... hehe....

    ReplyDelete
  11. follback sukses sobat ...

    hhe.. ini bukan Shinobi, ninja sob.. ini Shinobi lain dari yg lain... :)
    nama blog kamu lucu sobat ... hhhe :D

    ReplyDelete
  12. terus terang saya belum nonton...hehehee...setidaknya udah tahu alur ceritanya ... malam lebaran masih sempatin ngeblog... keep writing Chank.... :D

    ReplyDelete
  13. gw sebenernya nonton drama korea cuma karena alasan:
    genrenya komedi
    pemaen ceweknya cakep [ga peduli aktor cowoknya kayak setan]

    tapingeliat resensinya [jiah, resensigitu loh] mungkingw akan berusaha nyari bajakannya [don't try thisat policestation]

    btw,busway..minal aidin wal faidzin
    Happy LEBARAN!

    salam MagaHaya!

    ReplyDelete
  14. wihh..... bikin penasaran aje ni film... harus di tonton ni film...
    apa tadi judulnya?? ohh... a memory to remember... ok ok boss.. thanks infonya.... :D

    ReplyDelete
  15. happy ied mubarak,. minal aidin wal faidzin jugaaaaaaaakk...

    hemm,. sudah pernah lihat beautiful mind??? itu salah satu film favoritku, dan sedikit banyak juga bercerita tentang ingatan.

    jadi ingat satu tulisan di sebuah buku,
    "pada dasarnya, setiap orang memiliki mesin waktu dalam dirinya sendiri. untuk melaju ke masa lalu, mesin waktu itu bernama kenangan"

    ReplyDelete
  16. @obinhut & shinobi haha thx ya da mampir,dateng lagi :D

    @mas helmi siap grak mas helmi !! lagi semangat nulis aja :D saya tunggu tulisan barunya juga mas.

    @dokter gigi gehol,selamat lebaran juga pak dokter.ahh pak dokter alasannya ada2 aja.kwakwak iri sama pemeran cowoknya :D

    @ikbal yo mas ikbal,nonton silahken...ingat kaum lelaki ya mas !! WKAWKAK

    @mbak armae,wah blm nonton tuh mbak,tentang apa? nanti saya cari2 ah :) kalo nih internetnya udah gak jalan siput lagi.
    ahh quotenya keren mbak :) terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  17. Mas, Aku numpang follow blog kamu, ditunggu folbacknya ya..

    ini, drama korea >_<

    ReplyDelete
  18. kayanya pernah ntn yang a moment to remember tp lupa2 inget.pinjem lagi ah buat mastiin...

    ReplyDelete
  19. belum nonton film korea yg di atas -_____-"
    stlah baca resensinya jadi penasaran. nanti ah mau cari :)

    kayak semacam sedikit kolaborasi film notebook sama 50 first date ya? (so' tau, hehehe..)

    ReplyDelete
  20. terus akhirnya gmn kak itu ceritanya?
    istrinya meninggal nggak?
    pengen nonton tapi masih ada ga ya yg jual dvdnya? haha

    anyway, met idul fitri yaaa mohon maaf lahir batin. :D

    ReplyDelete
  21. Film koreaaaa :-D

    Saya nggak suka film korea, saya lebih suka film indonesia apapun bentuknya (sok nasionalis. MERDEKA!!!)hehe, tapi setelah baca resensi di atas, jadi penasarannn, mau cari deh nanti... ^^ pingin nonton jadinya..

    Keep writting mank uchank!!

    ReplyDelete
  22. Numpang komen dikit.
    Film ntu udah tak tonton. Memang menyesakkan dada.
    Bikin air mata keluar berliter-liter

    ReplyDelete
  23. belum nonton. ntar deh aku liat di rental ada nggak film ini. hehe.. masa2 liburan, dihabiskan nonton film sebanyak2nya XD

    ReplyDelete
  24. Pangeran kodok..!!
    Aku mampir lagi...

    ReplyDelete
  25. ini film udah lama bgt. nontonya wkt msh kuliah kira2 7 thn yg lalu atau 6.
    salah satu fave ku :)

    ReplyDelete

speak up!