Pages

bukan anak jalanan,kami pasukan bintang !

24 August, 2011

Saya,tidak tahu harus menuliskannya seperti apa.
Mungkin yang benar-benar pantas saya lakukan sekarang adalah bersyukur sebanyak mungkin.
Kemarin,teman-teman bloof mengadakan kopdar sekaligus buka puasa bersama anak-anak jalanan.hmm mungkin mereka lebih baik kita sebut “pasukan bintang” daripada anak jalanan.walaupun mereka anak jalanan,mereka juga tidak mau disebut seperti itu.Memangnya siapa yang mau disebut seperti itu?Keadaanlah yang membuat mereka terpaksa turun ke jalan.Kalau diam dan tak melakukan apa-apa mungkin mereka pikir hanya akan menjadi beban orang tua mereka,atau mungkin beberapa diantara mereka ada yang benar-benar terpaksa, padahal  diumur mereka yang seperti itu seharusnya mereka berlomba-lomba mencari ilmu sebanyak mungkin.
senyum sumringah mereka bersama temen bloof:)


mereka lagi belajar bikin parcel sendiri :

Tapi saya sangat bersyukur,di  jaman yang  sangat egois ini.dimana tiap orang kebanyakan berpikir tentang diri mereka sendiri,masih ada orang-orang baik yang peduli terhadap “pasukan bintang” ini.salah satunya adalah KPAJ ( komunitas pecinta anak jalanan ) yang benar-benar mewadahi mereka.anak-anak ini disediakan tempat berteduh,tempat belajar,tempat mereka bisa berbagi cerita.Salut dan bangga sekaligus sangat senang melihat anak-anak muda ini punya solidaritas yang sangat tinggi terhadap anak-anak yang kurang beruntung itu.Setidaknya anak-anak ini bisa sedikit tersenyum dengan lepas ketika berada di rumah singgah itu.

Saya benar-benar tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya saat berada di posisi mereka,bagaimana saya harus turun ke jalan tiap hari hanya untuk mencari keberkahan hidup ? bagaimana saya harus bertahan dari cibiran dan mata yang memandang sinis ? Bagaimana saya bisa belajar dengan tenang ketika perut ini meronta meminta kehidupan ? Bahkan ada sebagian dari anak-anak ini yang mendapat perlakuan kasar dari orang tuanya dan orang-orang sekitar.Bagaimana mungkin kita,orang-orang yang beruntung mempunyai kehidupan yang cukup nyaman tidak  mau bersyukur dan mengulurkan sedikit saja kepedulian kita terhadap mereka.

Tak ada kata “sedikit”untuk yang namanya kebaikan.Itu yang saya tahu dan itu yang akan saya katakan kepada anak cucu saya nantinya.InsyAllah 
Terserah orang-orang mau bilang apa,bahkan untuk sebuah kebaikan pun kadang kita mendapatkan prasangka yang cukup mengherankan...

”ah sok baik sok perhatian”
“ah dasar tukang cari muka”
“ahh mau dikata nih yee”

Mungkin beberapa orang akan bilang seperti itu,tapi sadar atau tidak mereka hanya merasa kurang mampu membantu orang lain,mereka kebanyakan beralasan,Loh ? kenapa saya harus peduli ? ahh bukannya itu tugasnya pemerintah ?lain kali aja deh,ahh ngasih duit dijalan itu dilarang,ahh orang-orang malas jangan dikasih duit nanti tambah malas,Ah pasti akting sakit tuh orang,ahh bla bla bla dan segala macam! Apakah penting alasan mereka ada di jalan ? Apakah orang itu benar-benar harus punya kisah yang sangat sangat tragis barulah kita mau peduli sama mereka ? Kita tidak akan pernah bisa mengerti alasan dan mengapa mereka bisa ada di jalan.Yang saya tahu,tidak ada orang yang sukarela turun ke jalan meminta belas kasihan orang lain ! *ini pendapat pribadi

Untuk apa memikirkan orang-orang dengan pandangan negativ ? meladeni mereka tidak akan ada habisnya.Yang tahu niat kita cuma Allah kan,dan percaya atau tidak setiap kita berbuat baik untuk orang lain pasti akan ada perasaan yang lega didalam hati kita.Benarkan ? Iyaa coba saja,nanti dikiranya saya bohong hha :D

Terimakasih kepada KPAJ yang telah mengurangi beban mereka,dan teman-teman bloof yang sudah meluangkan waktu,tenaga,pikiran dan sumbangannya.semoga kita semua bisa bertemu lagi di kesempatan lain.Semua hal baik pasti akan mendapat balasan yang baik dari yang Maha pencipta.(ahh gak keberatan kan nih bahasa saya ?haha)

Sekarang,Ayo kita kejar kereta kita masing-masing ! Tapi jangan lupa,pakai spion supaya sesekali kita bisa melihat kebelakang.

20 comments:

  1. salam superr...luar biasa...ternyata mas uchank diam2 mempunyai pendapat yang ruarrr biasa...setuju mari tetap kita berbagi selama kita masih diberi rizki dan kesehatan dari Allah SWT....ulurkan tangan...bantu mereka dan mengharapkan ridha Allah swt....

    ReplyDelete
  2. wih,asyiknya.
    sllu menyenangkan mngenal sisi lain yg hampir sllu qt lupakan.

    ReplyDelete
  3. @mas nit not wah sudah mirip sama pak mario teguh tuh mas,jangan2 mau alih profesi nih :D terimakasih sudah mampir.hhe

    @accilong iya memang betul,hampir terlupakan :|

    ReplyDelete
  4. mantap Uchank..... Jempol buat postingannya.. ^_^

    ReplyDelete
  5. Subhanallah,,,:-)

    Membaca postingan ni saya teringat masa lalu saya 7 thun yg lalu... meresakan pa yg ditulis ini mncri mkan dijlan, maminta"...

    Nice post... like it... :-)
    Salam Persohiblogan... :-D

    ReplyDelete
  6. @kak latifah thanks udah mampir,hha

    @mbak harumi wah gak nyangka mbak,pasti orang yang tegar.salut !

    ReplyDelete
  7. Subhanallah semoga keperdulian kamu terhadap anak jalanan bisa menjadi berkah bagi mereka :) jangan sampai rasa perduli kamu hilang 2 atau 3 tahun mendatang kamu bakal masuk ke dunia nyata :P

    ReplyDelete
  8. berbagi tak pernah Rugi, karena setiap orang punya jalan hidup masing-masing :), selama mau berubah dan mau belajar.

    ReplyDelete
  9. wahh, sayang ndag sempat ikut..
    gabung di KPAJ yuuk...!!!

    ReplyDelete
  10. .. karena kebaikan itu akan selalu kembali padamu ;)
    (fav quote)

    ReplyDelete
  11. @ananda iya juga sih,bener apa yang dikatakan.semua orang bisa berubah.tapi . . . entahlah,saya hanya bsa mencoba saja :D

    @nyun_nyun iya mbak.gak ada ruginya,bahkan dibalas berkali kali lipat sama Allah *dari guru ngaji saya yang kasih tau.hha

    @novi oh iya,anak unhas ya?hha gabung di bloof dong :D

    @andini sip k' :)

    ReplyDelete
  12. iyya, bloof apaan..??? udah gabung jadi volunteer belomm di KPAJ..??

    ReplyDelete
  13. bbrp temen dari bloof ada yang sudah gabung :D
    sy blm karena blm bsa seenaknya tentuin jadwal d kampus :|
    bloof = blog of friendship

    ReplyDelete
  14. waduh seandainya saya jd president gan.. mungkin smua itu taQ akan terjadi..
    kalo sekarang sih yang kaya semakin diatas dan yang miskin semakin tertindas.. 66 proklamasi msh bLm ada prubahan yg siGnifikan.. yasalam.

    ReplyDelete
  15. ya banyak2 bersyukur. tak perlu mengeluh keadaan, karena diluar sana masih banyak orang kurang beruntung. :)

    ReplyDelete
  16. @masgan fazri hahaha serius nih mau jadi presiden ?? wahh citaa2 yang sangat2 mulia :D sip gan

    @mbak chilfia bener mbak . . . :D kadang kita selalu mengeluh dan merasa berat dengan cobaan yang kita terima,padahal diluar sana ada yang lebih berat . . .

    ReplyDelete
  17. Saya suka foto2nya.. HEhehhe.. :D

    ReplyDelete
  18. suka deh.. :)
    setuju, dalam kebaikan tak pernah ada kata "sedikit", selama niat kita baik, ikhtiar kita bagus, Insya Allah banyak sedikitnya itu tak masalah, tetap akan dapat berkah dariNya.. :)

    mari bersyukur !!! :)

    ReplyDelete
  19. hihihi,, baru sempat blogwalking,,
    senangnya fotoku nongol di blog ini.. hahaha...

    ReplyDelete
  20. keren tulisanx pak detektipp..
    lanjutkan!

    ReplyDelete

speak up!