Pages

donor darah ? why not !

11 September, 2011

Hari ini saya merasakannya lagi ! Setelah beberapa tahun menghindar dan tidak ingin bertemu dengan dia,akhirnya saya ketemu lagi dengannya.
Ya Tuhan,kenapa saya harus ketemu sama dia lagi ?Padahal,saya sudah berjanji sama diri ini untuk tidak berhubungan lagi dengan dia.Saya trauma dengan dia.Dia terlalu menyakitkan menurut saya.
Saya mengenalnya waktu SD kelas 3 kalau tidak salah,dan awal perkenalan kami tidak berjalan lancar.Saya menangis gara-gara dia,sampai-sampai teman lain menertawakan saya.
Agak malu dan merasa lemah dibandingkan yang lain.Dan akhirnya disitulah saya mulai membencinya,saya tidak ingin mengenalnya lagi.semoga ini pertemuan awal dan terakhir kita.Saya berharap seperti itu,harapan yang konyol menurut saya.Heii Jarum suntik kenapa harus ada di dunia ini!!

Saya bisa menghitung dengan jari pertemuan kami,Kenapa?Yah karena tiap jatuh sakit pasti saya selalu memaksakan diri dirawat di rumah saja di banding rumah sakit.Saya benar-benar tidak mau berhubungan dengan jarum suntik (alasan cemen)
Tapi hari ini,di hari libur nan ceria ini saya harus ketemu dia lagi.Rasanya agak gugup juga setelah sekian lama tidak bertemu (cieeee)

Kronologis ceritanya seperti ini.
Setelah menghadiri acara halal bilhalalnya KPAJ (Komunitas Pecinta Anak Jalanan) yang ramai dan sangat menyenangkan saya menyempatkan diri untuk mampir di mall terdekat disekitar situ.dan ternyata film captain america sudah tayang di studio 1.Rasanya mau nonton juga sih,tapi berhubung saya sendirian rasanya agak janggal,jadi saya coba ngesms kk (kk atau kk nih hha) dan ternyata dia gak bisa karena harus nganter sang nenek :) (cucu yang baik,Alhamdulillah yah) Dan akhirnya saya beranikan diri saja untuk nonton sendirian,berhubung sudah gak sabar mau liat film ini.Dan ternyata engg ingg engg tiketnya habis,sisa tiket untuk kursi bagian depan,ogah deh saya nonton paling depan.mau nonton apa coba?masa liatin lobang hidung doang ? Ahh gak jadi ! batalkan ! kembali ke rencana awal,kita ke PMI !!
Loh ? kok tiba-tiba saya mau ke PMI ?
gambar colek dari sini

PMI kan tempat ngumpulnya musuh-musuh besar saya (red:jarum suntik) kenapa saya harus kesana?
Jujur saja,sebenarnya hati saya tergugah (ceileeh bahasanya)maksudnya itu saya tergerak untuk donor darah juga,dikarenakan sudah nonton video ini.terimakasih buat teman saya yang sudah share video ini :)

"Kini kalian keluarga kami,darah kalian mengalir pada anak saya "

Ya ampun,saya sampai merinding liat video ini gara-gara antusiasme teman-teman dari dunia maya untuk membantu sesama.buat yang mau gabung di page facebooknya silahkan dicubit >> BLOOD FOR LIFE 
Sekarang saya juga tersadar bahwa pentingnya donor darah,padahal saya pikir selama ini donor darah hanya untuk orang yang mampu ( emangnya naik haji ? ) Tapi ternyata donor darah udah bisa dilakukan tiap orang setelah usia 18 tahun keatas dan standar kesehatannya baik.

Akhirnya saya sampai di PMI makassar di jl.lanto daeng pasewang no.55,sapa tau ada orang makassar yang baca dan berminat buat donor darah juga :)
Awalnya saya pikir saya harus di timbang berat badannya dulu dan segala macam,Eh mbak-mbaknya tiba-tiba langsung ngasih kertas buat diisi biodatanya,di cek golongan darahnya dan ditanya-tanya soal kesehatannya.Lumayan gak ribet sih menurut saya.Ini juga yang membuat saya nyaman :D

"donor darah yang ke berapa mas?"
"baru pertama kali hhe" cuma cengar-cengir gara-gara gugup
"Oh baru pertama,kok bisa mau donor darah mas?"
"gara-gara liat video di you tube mbak,tapi mbak itu ndak sakit kan disuntiknya?"
"Iya ndak sakit kok,cuma kayak digigit semut"( perasaan tiap tanya suster atau dokter pasti jawabannya ini melulu deh,jadi tambah parno saya)

"Okeh golongan darah B yah mas,silahkan masuk ke ruangan dan cuci tangan kanannya"

Glekk !! Saya makin parno dan tambah gugup gara-gara cium bau ruangannya,bau khas rumah sakit tau sendirikan ? Saya cuci tangan kanan dan duduk di kursi yang kakinya tuh bisa dinaik turunin (ahh kampungan)

Saya liat lagi di samping kiri saya ada bapak-bapak yang juga donor darah,sambil ngeliat darahnya yang diambil saya menelan ludah sendiri.Glekkk! mampus saya !! Darahnya warna merahhh !! (ya iyalah) Lancar amat ngalirnya tuh darah.Kayak orang lagi minum jus strowberry -_-
Dan dokternya nanya ke bapak itu sambil melihat ke arah saya
"Sudah berapa kali donor darah pak?"
"yang ke 32 kali"

Gleekk ! tambah nelan air ludah deh saya !
Saya saja yang baru pertama kali ini sudah keringatan dan agak gemetaran dari tadi,tapi saya harus lawan ! Ini demi mereka yang butuh darah ! Okeh ! ini misi kemanusiaan ! jangan takut ! Anggap saja semua ini halusinasi dan mimpi belaka !
Tangan saya mulai dikasih alkohol dan di usap-usap dengan kapas,Okeh here we go ! dan.. saya tutup mata sambil menahan tawa gara-gara mbak-mbaknya liatin ekpresi saya yang ketakutan dan agak lebay itu !
Jushhhh Akhirnya tuh jarum nancap di tangan kanan saya.
Ehh serius,beneran kayak digigit semut.Ternyata cuma otak saya saja yang melebay-lebaykan rasa sakitnya itu.Darah saya di ambil sekantung.dan diambil sampelnya lagi buat di cek lagi kesehatannya.

Nah,kan gak sakit mas.Datang lagi yah nanti.
"hehe iyah mbak lumayan"cengar-cengir gara-gara gak nyangka udah damai sama jarum suntik
Sumpah di PMI ternyata orangnya ramah-ramah dan baik-baik.Semuanya senyum ke saya pas saya masuk ke ruangan makannya,disana sudah disuguhi mie instan pake sayur bayam pake telur,segelas milo hangat dan multivitamin.
Biarpun awalnya setelah diambil darahnya agak pusing tapi selang 10 menit rasanya udah agak nyaman kok,jadi gak usah khawatir itu cuma efek sementara :D
Dan saya juga dikasih kartu anggota donor darah sama PMI asik di foto.lumayanlah buat narsis-narsisan walaupun cuma foto 2x3 hahaha
Dan rasa-rasanya saya bakalan donor darah lagi 3 bulan ke depan gara-gara pelayanan yang baik dan ramah dari PMInya.hehe


Yah saya nulis ini bukan bermaksud apa-apa,hanya ingin berbagi cerita tentang pentingnya donor darah.Kalau orang yang parno sama jarum suntik seperti saya saja bisa donor darah?kenapa kalian yang mungkin nggak terlalu takut sama jarum suntik gak ngeluangin waktu buat ke PMI ? Setetes darah kalian sangat berharga buat mereka yang membutuhkan.
Ayo kalau bukan sekarang kapan lagi,kalau bukan kita siapa lagi ?
Sapa tau kapan-kapan kita yang masuk rumah sakit dan butuh darah?terus tiba-tiba gak ada stok darah,nah loh gimana jadinya?

Yah dengan tulisan ini saya sekalian memproklamasikan kalau saya dan jarum suntik sudah berdamai sekarang.Kami akan jadi sahabat untuk selamanya (horeeee)*plakk haha

If you donate money you give food ! But if you donate blood you give life !

52 comments:

  1. saya uda segede ini nggak berani donor dan gatau apa gol. darahku bang -.-

    ReplyDelete
  2. sumpah dah.. jauhkan saya dari jarum suntik.. jauhkan saya melihat darah2. dari kecil suka pusing, nangis dan pingsan liat yang begituan.

    so, gimana? beneran TAKUT SUMPAH. :'(

    aemoga banyak yg sumbangin darah deh ya. amin (percaya atau nggak, nulis kata 'darah' dan membayangkan udah mau pingsan. *lebay)

    ReplyDelete
  3. jempool... ama cendool buat kamu deh.. hehehe *salut*
    akhirnya bisa mengalahkan si jarum suntik kan??? alhamdulillah yah hehehe

    ReplyDelete
  4. @maulana wuihh diberanikan aja...gak sakit kok kayak digigit semut doang #eaaa haha wah parah gol.darahnya juga gak tau.hahaha

    @chilfia wah parnonya udah menjalar tuh.sampai nulis kata "darah"aja takut sampai gitu.kalau saya sih cuma takut ditusuknya mbak,kalo liat darah dan segala macamnya gak gitu amat kok,hadapin aja sih menurut sy =_=

    @nona enno,ohh thank you deh cendolnya disimpen dulu dikulkas biar tambah enak.hahaa jarum suntik ? itukan temen sy mbak hahaha

    ReplyDelete
  5. -,- lha itu. susah memberanikan diri ! *hala
    semua dokter + suster + teman2 bilang "gpp, kyk digigit semut kq" -________-
    gk ad yg blg "gpp, kyk mkn es krim kq" gtu kn enak :o

    ReplyDelete
  6. donate your blood for a better future.. hha.. apaan *plak*
    alha,dulillah yah sudah temenan sm jarum suntik..
    kalo sy sih udah lama temenan sm jarum suntik mas.. hhe.. tp kalo donor darah belum pernah.. jadi kepengen donor darah.. :3

    ReplyDelete
  7. saya suka kalimat terakhirnya.. :)
    mantap ni, bisa melawan ketakutan demi menolong hidup manusia2 di dunia gara2 liat di youtube. keren.

    ga terlalu takut sama jarum suntik, krn 4 tahun yg lalu selama 3 bulan harus demen disuntik.. hehe.. tapi selama ini blm pernah donor darah, tiap kali diajak tmn pasti ada sesuatu yg mmbuat ga jadi donor.
    dan saya adalah contoh dari orang yang hidupnya terselamatkan dengan adanya donor darah *masa lalu* :D
    sejuta makasih buat yg suka donor ^_^

    ReplyDelete
  8. @maulana ehh iyah diulang deh,rasanya kayak "makan eskrim ko mbak"cobaa aja .wuahahaha gimana ? deal gak nih?donor yah besok.hahaha

    @angga ayok mas donor.menyehatkan kok donor darah itu.biar darahnya bisa diproduksi ulang *sotoy

    @irma cuma nyoba2 doang mbak.modal nekaaaat ! gak mikirin apa2 lagi.langsung tancap gas aja ke PMI !hahaha jaga kesehatan aja deh mbak :D

    ReplyDelete
  9. saya pernah donor darah dengan alasan yang tidak pantas chank.

    karena liat orang donor darah dikasih indomie telur dan susu coklat, saya tiba2 pengen dan lapar.
    Jadilah saya mendonorkan darah dan mendapat indomie telur dan susu coklat gratis. Bahagia bukan karena donor darahnya :D

    *itu pengalaman sma waktu masih badung bareng temen2

    ReplyDelete
  10. follback sukses no.158 :) salam kenal..

    ReplyDelete
  11. @mbak andini WUAHAHAHAHHAHA ngakak saya bacanya mbak.serius tuh?wahh tapi darahnya sih pasti berguna tuh mbak,walaupun alasannya gara2 indomie doang sih.hahhaa pasti sekarang niatnya beda dong mbak :D

    ReplyDelete
  12. semoga ya... hahah
    btw, sejak kapan sy dipaggil mb chank.... -____-"

    ReplyDelete
  13. Kl sy sih takut ngebayangin darah saya diambil smpe 1 kantong gitu :D

    ReplyDelete
  14. saya juga belum pernah donor darah nie.. masih serem gitu perasaan nya... tapi hebat kok sobat memmberanikan diri untuk sesama, insya Allah saya juga akan coba..

    lanjutkan sob ...

    ReplyDelete
  15. aah uda telat :o
    km ud ngomong digigit semut duluan :o

    ReplyDelete
  16. wah ternyata video youtube bermanfaat juga ya utk menyadarkan kita2,,

    ReplyDelete
  17. uchank..kok ya pas baca postingan ini jadi muncul ide untuk membuat acara sumbang darah rame2 ala bloofers... moga kopdar berikutnya bisa kita ke PMI bareng2 ya...ingatin ya kalo ke makassar... :D

    ReplyDelete
  18. @k'andini,semenjak saya salah tulis tadi k'hahaha alesan deh

    @ismi,jangan dibayangin makanya.langsung hadapin aja.hha

    @hadhara sip sobat.donor darah sana ke PMI.hahha coba saja sangat berguna kok :D

    @maulana waduh..payah nih mbak.hayo hayo donor darahnya *hha maksa banget gila

    @al kahfi,iyah mas beberapa video youtube emang berguna :D

    @mas helmi.boleh tuh idenya mas helmi.tapi tunggu tiga bulan sy,baru bisa sumbang darah lagi.tadi k'arya sama k'latifah saya ajak,tapi mereka ada acra kayaknya abis dari KPAJ itu.hha jadi pergi sendiri deh mas,sudah nonton videonya?tuh diatas :)

    ReplyDelete
  19. Gleeek aku ga tahu jalan lantoo tapi serius aku mau donor darah nih, seumur-umur saya selalu ngehindar dari "dia" karena saya pibia jarum. Oia, baru aja video itu saya liat di iklan tv dan kebetulan tadi ke teman juga bilang kalau saya mau donor. Eh, saya setuju sama sarannya den Nitnot. Kalo bloofers semua donor bakaln banyak yang terbantu ^_^

    ReplyDelete
  20. wew...so touching..saya sampai sekarang lum berani donor darah..takut banget rasanya....jadi pengen juga sih beramal...^_^

    ReplyDelete
  21. hahahaha...aku juga belom pernah donor darah looo....wkwkwkwk
    jadi malu nih,,,aku juga takut jarum suntik mas...tapi baca ini jd ngrasa tersentil nih...ga mau kalah dong sama uchank...hahahaha
    eh..kamu suka kodok yaa..saya punya gambar kodok lucu...mau tak? wkwkwkwk....nanti kukirim ke inbok yaa...hahahah
    ::‧(◦ˆ ⌣ ˆ◦)::‧(y)

    ReplyDelete
  22. @mas qefy sip sip ayok semua anak bloof donor darah.wahh seru banget tuh :D,sy blm nonton iklannya yang ditivi.hhehe

    @mbak nick,boleh boleh mbak nick hahaha lumayan deh :D wahh masa sih mbak nick blm donor darah.hayooo cepetan..kasian tuh darah gak di donor mbak nick *jadi sok deh.hahaha

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. aku tadi juga donor lho, setelah lama g donor.
    hehe
    uchank, salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  25. belum pernah donor darah sama sekaliii.. -_-"

    ehh,. prasaan kok gampang ya prosedurnya?? di tempatku (gresik.red) sebelumnya harus timbang berat badan dulu, kalo lolos, ke tes berikutnya yaitu periksa tekanan darah (dan disini pasti gagal). tekanan darah mentok 100. padahal naik dikitt aja sebenernya sudah bisa. trus setelah itu, masih ada tes lagi, yaitu tes kadar Hb. kalo lolos, baru bisa diambil darah, kalo gak (dan aku yakin aku gak. karena dulu pernah nyobak tes dan hbku cuma 9!!!), yaaa gak bisa donor. makanya sampe skarang gak pernah donor. padahal hampir tiap 3 bulan sekali nganter tante ke PMI buat donor :(

    ReplyDelete
  26. @dhanni iya salam kenal juga.wah bagus-bagus anak muda yang patut dicontoh tuh.rajin donor darah.hha

    @gracia.ayok jangan ditunda2 donor ceptan.

    @mbak armae,wah sy juga pikirnya kayak gitu mbak.mungkin karena postur badan sy yang tinggi dan seimbang sama berat badannya gitu aja.sempet kok dicek tekanan darahnya sama gol.darahnya. :D semoga hb nya naik :D

    ReplyDelete
  27. tapi kalau orang kurus kayak gini gpp ya? haduh

    ReplyDelete
  28. good share pak detektipp..
    lanjutkan!!!

    ReplyDelete
  29. sebenarnya saya gak takut sama jarum sih..tapi liat darah kluar banyak saya jadi ngeri :D

    ReplyDelete
  30. hiks hiks...blom pernah ikutan donor. tiap mau daftar, diperiksa awal, mesti ndak masuk kriterio boleh ndonorin darah :(

    ReplyDelete
  31. Beneran deh, saya ngaku kalo saya juga nggak pernah donor darah. Ngebayangin ada selang ama jarum rasanya ngilu. Hehe *bukan wonder woman banget** :-P

    tapi boleh juga tuw cara damainya. Setidaknya satu pobia teratasi. ^^

    btw, buat temen2 yg mau kasih bantuan buat Blood For Life, coba follow twitternya juga ( http://twitter.com/Blood4LifeID ) biasanya timelinenya gencar banget. ^^

    ReplyDelete
  32. saya mah gak pernah bisa donor darah.. soal'a sy sendiri anemia,hahahaa
    dan untungnya masih ada orang yang mau donor darah, alhamdulillah ya (syahrini mode: on).. ^_^

    ReplyDelete
  33. Kalo habis donor darah gak boleh terlalu capek ya? Boleh lari atau jogging gak ya? :D

    ReplyDelete
  34. aduh chang.. sy tidak takut sama jarum suntik.. tp suka ngebayangin darahnya aja.. Jujur liat darah sy bisa pingsan loh.. :D..

    ReplyDelete
  35. bukannya eike sombong n gk toleran, tp tiap kali mau donorin darah sll ditolak krn darah rendah (banget), hahaha....

    ReplyDelete
  36. ya kalo darahnya cocok sih, knp tidak?
    itu kan demi menolong org lain

    ReplyDelete
  37. Wuahh...buat yang gak bisa donor darah saya doain biar berat dan HBnya normal dan lolos seleksi dari PMInya deh.hahha
    yang takut sama jarum suntik,cepet2an deh datengin dan minal aidin sama tuh jarum,baik kok ternyata jarum suntiknya hha

    serius gak sakit :)
    ayok ayok donor darah semua...nonton videonya :D

    ReplyDelete
  38. ngakak baca komennya Andini :)

    hebat yach yg sdh nyumbang darah

    ReplyDelete
  39. Lu ngingetin gua, kalo dipikir2 dah 2 taun gua ga donor darah...oke deh, nanti kalo ada gua nyumbang, hehehe

    ReplyDelete
  40. ak baru pertama kali donor darah, jadi ketagihan :) berasa berarti banget gitu :P
    ak malah excited banget waktu pertama kali donor darah, tapi sialnya karena tanganku kecil, jarumnya susah masuk, oh my itu sakit banget T.T

    ini cerita donor darah pertamaku http://luphsetsuna.blogspot.com/2011/04/yatta-my-first-blood-donation.html :)

    ReplyDelete
  41. Tapi saya ogah berhubungan dengan jarum. Keep my body still pure without "JARUM". Agak geli membayangkan seandainya aku donor darah *merinding seketika*. Thumbs up for you! telah berani melawan musuhmu, ketakutanmu terhadap jarum. :D

    ReplyDelete
  42. hayuk donor darah, tapi semenjak pindah ke sigli - aceh saya jadi rada kesulitan mau donor darah, karena tidak ada teman yang suka donor darah disini, waktu masih dibandung dulu mah rajin (padahal baru sekali ) hahaha

    salam persohiblogan ^_^

    ReplyDelete
  43. wah, kalo saya selama ini belum pernah donor darah sob..

    ReplyDelete
  44. salut sob, km udh bs donorin darah km.
    seumur-umur aku blm pernah sob..

    (follow sukses, folback ya..)

    ReplyDelete
  45. Donor darah katanya juga bagus buat kesehatan kita.
    Oia yang saya bingung, orang ngedonor itu gratis tanpa dipungut biaya apa pun, tapi kenapa orang yang butuh darah harus membeli darah dengan harga yang lumayan

    ReplyDelete
  46. Terimkasih dukungannya semua :)
    yang jelas yang blm donor darah dan bisa donor darah ayok cepetan sana donor.tunggu apa lagi :D jangan takut deh sm yang namanya jarum.gak begitu sakit kok kenyataannya.

    khusus @three sebenarnya yang dibayar itu ternyata uang administrasinya.pengiriman darah dll.gak tau juga deh sy lengkapnya.mungkin bisa di cari di google biar gak menyesatkan penjelasan sy :)

    ReplyDelete
  47. Uchank, sakit gak haha..

    saya lupa gimana rasanya jarum suntuk :-s. dan gak pernah sekalipun ikutan donor darah, selain gak tau tempatnya karena jarang keluar, saya takut cang, mirip kek kamu :-s

    ReplyDelete
  48. @nyunyun dilawan aja rasa takutnya.buktinya ? sekarang sy masih hidup dan gak terjadi apa2...malah tambah seger kok :)
    dicoba yah.hha

    ReplyDelete
  49. tiddaaaakkk!!!jauhi jarum!!!!jarum itu mengerikan!!lebih mengerikan lagi darahnya tu looo...

    ReplyDelete
  50. Setuju, donor darah emang penting selain buat kesehatan kita juga bisa nolong orang, sayang banget saya gak pernah boleh donor darah gara2 anemia, hehehehe

    ReplyDelete
  51. Jadi kepengen donor darah... Donor darah memang bagus banget ya... Denger-denger orang yang darahnya kental sebaiknya rajin donor darah... Sayangnya aku tak bisa donor darah, karena kalau diperiksa memang tak akan lolos seleksi... :))))

    ReplyDelete

speak up!