Pages

kelas menulis dan sesuatu

18 September, 2011

Sabtu pagi rasanya masih agak malas untuk beranjak dari tempat tidur,tapi tiba-tiba saya ingat kalau hari ini bakalan ada acara sharing keliling dan saya ikut kelas menulisnya !
Waw ! Saya sudah pegang tiketnya,berarti harus tanggung jawab sama ini tiket.Harus datang pokoknya,kasian soalnya temen lain yang gak kebagian tiketnya.Biarpun gratis sih :)
pict from here
Lembaga Administrasi Negara ! Ehh ? Dimana tuh ? Buset saya lupa tempatnya !
Akhirnya pekerjaan pagi ini nambah,Saya mesti muter-muter dulu gak jelas di jalanan,ahh telat kayaknya.
Akhirnya setelah tersesat selama 30 menit,saya tanya deh sama polisi lalu lintas sekitar situ.
"Oh adek tinggal lurus saja terus belok kanan diperempatan gak sampe 1 km"
Tancap gas deh sampai kesana,dan akhirnya nyampe juga di lokasi.
Kirain udah telat,Eh taunya saya salah satu peserta yang kepagian alias yang terlalu semangat datang!

Saya pikir kelasnya nanti bakalan diisi sama om yang gondrong dan berewokan (ngayal darimana sih -_- ),ternyata eh ternyata yang bawa materinya mbak Artasya Sudirman,seorang penyiar sekaligus penulis dan salah satu bukunya berjudul Adriana:labirin cinta di kilometer nol.
Awalnya sih saya kira materinya bakalan membosankan,tapi ternyata mbak Artasya membawakan materinya dengan sangat piawai,humoris,gampang dicerna dan pokoknya rasanya nyante banget dengar celotehannya mbak Artasya di ruangan persegi empat siang itu.Ada beberapa point yang saya suka dari pembahasannya,mungkin akan saya paparkan sedikit.

Menulis itu berbagi tentang apa yang kita rasakan.Menjadikan apa yang ada dialam pikiran,sehingga dapat dilihat mata.
Semua orang yang melek aksara bisa menulis !
Tidak percaya ?
-Sms -Formulir pendaftaran -Komentar difacebook/twitter
Intinya mereka mau gak nulis ? Nulis itu sebenarnya gampang kalau mereka punya kemauan !
Gak ada orang yang gak bisa nulis,yang ada cuma malas aja.

Ide untuk menulis bisa darimana saja,mimpi,liburan,kejadian berkesan yang pernah dialami,Nguping ( saya benar-benar suka pembahasan nguping ini ),denger curhat temen,jatuh cinta,patah hati,denger lagu,nonton film.Kita nulis itu juga buat ngeluarin "sampah" di kepala,alias membuang "sampah"nya itu pada tempat yang tepat,yaitu lewat tulisan di blog atau semacamnya.

Saya suka cerita mbak Artasya saat dia bilang"Pernah suatu waktu gue lagi di mobil sama sepupu waktu itu ngeliat ada bapak pengemis tua di pinggir jalan bawa gerobak terus ada anaknya dibelakang.Masalahnya saat itu sedang gerimis,kasian anaknya,masa tega amat ini bapak-bapak biarin anaknya kena air hujan.terus gue buka kaca mobil dan bicara ke bapak itu "pak gak kasian sama anaknya tuh,mending berteduh dulu aja pak"kemudian kalian tahu ? bapak itu bilang apa ? "Nanggung mbak,mesjidnya udah deket,bapak mau bayar zakat" Nah terharu gak lo denger tuh pengemis mau bayar zakat ?Ternyata dibalik alasan bapak ini membiarkan anaknya kena hujan ada sebuah tujuan yang sangat mulia.
Dari situ lagi kita bisa dapat sebuah cerita untuk kita bagikan.

Sebenarnya kita bisa nulis tentang apa aja kalau kita mau membuka hati untuk melihat hal-hal kecil di sekeliling kita.Intinya peka.

Kemudian mbak Artasya menyuruh kami menulis satu paragraf tentang sepatu.
Pas dengar tulisan teman-teman yang lain dibacakan didepan,buset keren-keren ! kata-kata mereka puitis banget.Asem ! inilah kelemahan saya,gak pandai berpuitis !

                                   Alasku.
Temanku,kau menemaniku melangkah menjelajahi bumi
Tak ada satu haripun kulewatkan tanpamu.
kau melihat semua kebahagian dan masalah yang ku hadapi
Jejakku lebih berani menantang bumi karenamu.
Melangkah dengan pasti dan tanpa ragu...
Alasku terimakasih telah menantang bumi bersamaku.
Kau memang sesuatu,karena kau sesuatu makanya saya bilang Alhamdulillah yah~

#hening prok prok prok #tepuk tangan terpaksa dari peserta
Ngapain coba bawa-bawa sesuatu dan Alhamdulillah ala Syahrini ?Entah saya kesambet apa waktu itu.

Oh iyah hampir lupa ada mas Endik Koeswoyo juga,beliau salah seorang penulis indonesia yang piawai dan sekarang sudah mengeluarkan sekitar 12 buku.Yang saya tahu buku terakhirnya berjudul Cinta is anu.
Beliau juga memberikan sedikit materi tentang penerbitan buku,kiat-kiat supaya tulisan kita tidak sering ditolak oleh penerbit,macem-macemlah pokoknya pembahasannya.Semua dipaparkan dengan jelas.

Pokoknya gak nyesel deh datang ke acara sharing keliling ini.katanya sharing keliling ini bakalan keliling lagi ke beberapa kota di Indonesia.Enak deh pokoknya soalnya semuanya GRATIS ! bener-bener deh yang namanya gratis itu selalu menyenangkan,kecuali gratis loncat ke jurang tentunya.Good Luck ya di kota-kota lain :)

Setelah makan siang yang juga gratis nah ini juga sesi yang paling ditunggu-tunggu.Foto dan norak-norakan narsis-narsisan gratis !! Keren gak ? semuanya gratis disini ! Hahaha :)
Hidup gratis deh pokoknya..yang take photo ini semuanya emi.hha fotografer handal kita nih :D

gratis nih coy #nunjuk makanan #bytheway kok tangan gue aneh gitu yak -_-
kak arman , kak arya ,mbak Artasya
Endik Koeswoyo yang pake topi
Nah ini foto terakhir nih,yang agak ehmm agak sesuatu banget.
Sumpah gue baru kenal sama nih cewek ! Suer ! Demi nasi yang belum jadi bubur!Kami cuma sebatas hubungan orang yang tidak saling mengenal ! Eh ralat ! Gue tau sapa dia dan Alhamdulillah dia BELUM kenal gue ! Kebetulan nih cewek bawa materi di kelas video.Mbak Prisia Nasution yang biasa maen FTV.Pantes aja nih kelas video adem ayem dari tadi,gak kayak kelas menulis yang ketawa mulu dan konyol abis ! Tapi tetep seru sih!Tapi ini foto dibawah kok ekpresi gue kayak orang lagi nahan pup sebulan yak ? #plakk
(Kok jadi pake pake gue gue nih tulisan )
sopir dan majikan kodok & Prisia nasution
Last but not least !
Saat kalian nulis bermimpilah yang tinggi tapi capailah apa yang ada di dekat kalian.#AS
Itu kata-kata yang kayaknya bakalan jadi kata-kata penyemangat saat saya lagi gak mood nulis.
Tapi agak lemes juga liat blog sebagian sahabat disini yang dulu rajin nulis sekarang agak sepi,yah mungkin karena kesibukannya bertambah.Kapan kalian nulis lagi ? Saya gak sabar baca tulisan-tulisan terbaru kalian :)

31 comments:

  1. cieieciceiec kacang. potona. masih kena syahrini fever nih.

    ReplyDelete
  2. wahhhhaaa.... Enak banget mas ikut acara sharing2 gitu (katanya gratis lagi) :D.. pasti dapat bnyak ilmu ttng nulis menulis tu...
    mas uchank bagi-bagi donk ilmu yg telah telah di jelaskn penulis2 itu #maksa....

    btw.. Foto yg terakhir *uhuk* sesuatu banget ya #ikut kesambet... :D

    ReplyDelete
  3. banyak yg berminat nulis ya...
    aku jg pengen sih tp ga ada bakat
    dan ga ngrti sama skali soal dunia nulis.
    ya udh lah, nulis blog sebisanya aja,akakak...

    ReplyDelete
  4. Emang menulis segala-galanya deh....

    ReplyDelete
  5. wah enaknyaaaaaaaaa,,,,pgn ih ikutan jugaaaaaaaaa ><

    ReplyDelete
  6. Iya betul itu kata beberapa teman di atas. Sharing-sharing loh apa yang telah didapat. Semoga medan akan ada sharing keliling. Semoga *ngarep*

    ReplyDelete
  7. gue jadi mupeng nih pengen ikutan workshop nulis gitu... hmm.
    salam kenal yah.

    ReplyDelete
  8. muheee ngiri mauuu #apalagi gratis yee :P
    workshop-nya di LAN ya, muheee tempat impian jurusan sy tuh :P #eh LAN makassar berarti ya

    ReplyDelete
  9. @ahmad gak tau juga.sialan virus sesuatu tuh ! haha

    @Ikbal itu sudah dipaparkan sedikit ilmunya diatas,kalau mau lebh jelasnya lagi nanti tanya di chat fb aja.

    @Poey sebenarnya yang penting nulis poey.mau note fb atau blog yang penting nulis sesuatu.

    @Annisa bukan segalau-galaunya yah :D

    @Ca ya.iya ikutan aja kak :p

    @Reza hehe iya bang.nanti dipikir2 lagi mulai nulisnya dari mana tuh penjelasnnya.ada kok sedkit penjelasannya diatas :D

    @Audrey asek...ada yang mupeng.hahaa salam kenal too

    ReplyDelete
  10. hehe, akhirnya tau juga nih tampangnya yg punya blog si kodok,,hehe

    ReplyDelete
  11. au au fotonyaa ( ˇ ▼ ˇ)-c<ˇ_ˇ)
    gak gak gak kuat :p wkwkk

    bang bang tut *lho
    tulisane samen iki ws apik lho -.- #ngomongjawa
    10 jempol buat bang kodok #eh :D

    ReplyDelete
  12. @al kahfi hahah perasaan dari dulu tampangnya udah ketahuan mas.tampang orang kaya #kaya"k" kodok maksudnya -_-

    @Maulana buset dah tuh,jempolnya dari mana semua tuh 10 !!
    Jangan bilang pinjem tetangga yak ! itu namanya mutilasi :P
    hahahaa ayok mbak nulis sesuatu sono :D

    ReplyDelete
  13. Bagian omongan Mbak Artasya yg pengemis itu dalemmm banget yaa :')

    Btw, dia manissss banget :D naksir *plak*

    ReplyDelete
  14. Uenak banget kayaknya ikut acara gtuan. Udah dapet makan, bisa poto-poto bareng cewe'cewe' hehehe....

    ReplyDelete
  15. @amanda haha iya,untung masih ingat jadi dituangin di blog aja sekalian :D wah dia ? dia sapa ? hahaha :D

    @Wahyu wah ini nih yang nyari gratisan.hahaha

    ReplyDelete
  16. Ga ada alesan lagi buat ga nulis deh :D

    ReplyDelete
  17. wkwkk
    ih kq tau sih habis mutilasi orang ( ˇ ▼ ˇ)-c<ˇ_ˇ)
    haha

    sibuk bang -.-

    ReplyDelete
  18. ahaha... sesuatu bangett yaah.. :P

    tadi pagi juga baca tulisan temen ttg sesuatu banget. ya ampuun, syahrini bener2 lagi booming. :))

    ayo ditunggu buku solo-nya uchank yaaa...:D

    ReplyDelete
  19. Wah ikutan sharing keliling ya, aku nggak bisa ikutan waktu timnya mampir ke Medan karena lagi pulang kampung, huhu....
    *iri mode on

    ReplyDelete
  20. Mas Uchank, ini blognya bagus banget loh... Coba deh suatu saat dibukukan... Sekarang ada www.nulisbuku.com ... Kalau di twitter : @nulisbuku . Coba dicek aja, mungkin udah pernah tahu juga... Apalagi kayaknya banyak nih pencintanya blognya mas uchank.. Sekadar saran aja... Viel Erfolg!

    ReplyDelete
  21. @three iya gak ada alesan :P banyak alesan diceburin ke kali.hahaha

    @enny.yah jelas mau.namanya juga gratisss hahaa

    @Ila wah amin deh.tapi kayaknya masih lama rencana nulis buku.mesti banyak belajar lagi.awakwkawka

    @chichi ohh udah ada dimedan yak.hahaha jauh juga yak. gpp kok iri aja..gak bayar dan gak dosa dsini :p haha

    @Wulan wah mbak makasih infonya :) haha jadi tersanjung nih,padahal saya termasuk baru dalam dunia perblogeran.InsyAllah nanti kalau udah bulat tekatnya pasti diniatin :D

    ReplyDelete
  22. ih curang...yg makan2nya nda asa saya..ckckck

    ReplyDelete
  23. wuihhh berarti mas nya tinggi banget yah.. soalnya menurut saya Prisia nasution itu udah tinggi menurut ukuran wanita indonesia ;) ckckckck.. paporit saya tuh mas :(

    ReplyDelete
  24. Liat foto terakhir, sy jadi ingat seseorang menertawakanku sambil berujar begini, "Kak? Sejak kapan panggil 'kak'?" :D

    mampir jg d tulisan sy, ya.. meski judulnya kok agak mirip ya..
    bener-bener ada "sesuatu".. :)

    ReplyDelete
  25. Kunjungan pertama sekedar baca-baca aja dulu dan kenalan ma yang ada di sini

    ReplyDelete
  26. @expecto haha namanya juga gratis :p

    @k'uti haha sapa suruh makannya pisah2 k'

    @coretanpena sesuatu' hhha

    @Majalahmesjid haha lumayan tinggi mas :D

    @basmah Hohoh sudah dibaca smlm.tapi lupa ninggalin coment.haha

    @keyword.silahkan keliling2 dulu :)

    ReplyDelete
  27. Seperti tujuan awalku ngeblog sob, yaitu gak jauh2, hanya ingin menyalurkan hobiku yg suka menulis, maklum karena blm bs menerbitkan semua karya2ku seperti novel, cerpen ke dalam bentuk buku, jd aku lampiaskan aja ke dlm blog.

    menulis itu gampang kok, bahkan tanpa konsep lg jg bs mengalir begitu saja.

    hanya butuh 2 alat saja, pulpen ama kertas, udah.
    gampang kan?
    saran aku, jika kamu mendapat sebuah ide tulisan secara mendadak, segeralah catat di kertas, karna terkadang ingatan manusia itu terbatas, bs lupa begitu saja.

    seneng ya bs ketemu ama penulis.

    ReplyDelete
  28. Fotonya yang sama Pia di hapus aja tuh! kasihan Pia di jejerin sama Kodok wakakakkaka

    ReplyDelete

speak up!